Inilah Cara Mempercepat Kinerja Komputer yang Lambat

By Categories : Software

Mempercepat kinerja komputer yang lambat biasanya dirasa sulit bagi orang yang awam. Apalagi bagi merek yang memang tidak mengerti seluk beluk komputer. Namun jika Anda sudah mengetahui beberapa tips atau langkah-langkah yang harus dilakukan maka dapat dengan mudah mempercepat kinerja komputer Anda.

laptop lemot

Kebanyakan pengguna komputer di Indonesia menggunakan sistem Operasi Windows. Selain memiliki tampilan grafis yang lebih nyaman untuk digunakan, sistem operasi ini juga sangat cocok untuk berbagai kegiatan sehari-hari. Misalnya bermain game, mengetik, dan kegiatan lainnya. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows dan belum mengetahui bagaimana cara mempercepat kinerja komputer maka perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

Cara mempercepat kinerja komputer

  1. Atur StarUp Windows

Tips yang pertama adalah mengatur starup Windows. Ini karena saat kita menghidupkan komputer maka aplikasi akan dijalankan secara otomatis sehingga program yang terlalu banyak aka membuat komputer menjadi berat. Untuk itu atur tata letak starUp Windows. Untuk dapat menghilangkannya yaitu dengan cara klik tombol star kemudian research ‘Run’, setelah muncul ketik ‘MsConfig’ pada jendela Run, kemudian enter. Pilih menu starup untuk mengecek  dan uncheck program yang tidak digunakan. Yang terakhir adalah klik OK dan restart komputer.

  1. Defrag hardisk

Cara mempercepat kinerja komputer selanjutnya adalah dengan cara defragmenter. Fitur ini berfungsi untuk memperbaiki susunan file pada komputer yang diperbaharui oleh pengguna. Baik secara sengaja atau tidak sengaja. Selain itu, defrag hardisk juga berfungsi untuk menjaga kestabila komputer. Salah satu kinerja defragmenter adalah mampu menghilangkan beberapa boot sector dan program yang eror. Untuk menjalankan ini Anda dapat masuk ke tombol star, kemudian pada kolom search ketikkan ‘Disk Defragmenter’, setelah itu lakukan defrag hardisk pada komputer Anda.

  1. Scan Virus

Antivirus sangat penting bagi komputer Anda. Ini berfungsi untuk mencegah virus yang menyebar ke komputer. Jika Anda memiliki antivirus maka disarankan untuk rutin update dan melakukan scan virus. Ini berguna untuk menghapus virus yang masuk ketika Anda mendownload file di internet ataupun dari flashdisk. Ada berbagai macam antivirus yang dapat Anda gunakan seperti, Avira, Smadav, avast, dan lainnya.

  1. Hindari menyimpan file di Drive C

Pada komputer Drive C merupakan sistem utama yang akan menjalankan komputer Anda. Sehingga Anda disarankan tidak menyimpan banyak file di Drive C. File yang menyimapan terlalu banyak jika Anda menyimpan di Drive C maka dapat menyebabkan komputer Anda lambat.

  1. Bersihkan dara dan registri yang tidak digunakan

Jika data pada hardisk Anda terlalu penuh maka akan berpengaruh terhadap kinerja komputer Anda. Untuk itu, kurangi file yang tidak penting di hardisk Anda untuk meringankan kinerja komputer. Cara mempercepat kinerja komputer ini sebenarnya cukup simpel namun banyak orang yang mengetahuinya.

Agar hal tersebut tidak terulang lagi, Anda harus mengetahui penyebab komputer lambat. Hal yang menyebabkan kinerja komputer lambat pada dasarnya dapat terjadi karena pengguna tidak memahami dalam mengatur komputer secara optimal. Berikut beberapa hal yang menyebabkan kinerja komputer lambat.

Penyebab komputer lambat

Dari sisi Hardware

  • Processor terlalu panas. Pengguna komputer sering tidak peduli dengan hal ini, padahal jika pemakaian terlalu lama dan kurang mendapatkan pendinginan maka akan menyebabkan processor panas. Processor yang panas tersebut akan menyebabkan lambatnya kinerja dari sistem komputer. Sebagai solusinya, Anda dapat bersihkan bagian hardware untuk mendapatkan perhatian khusus. Hal ini karena bagian tersebut yang menyebabkan komputer dapat bekerja dengan baik. Lakukan pembersihan dengan menggunakan kuas secara berkala terutama bagian kipas serta ventilasi.
  • Memory (RAM) yang terlampau kecil. Jika komputer Anda memiliki kapasitas RAM yang terlalu kecil maka akan menyebabkan performa sistem lemah. Hal ini tentu akan mempengaruhi kinerja komputer secara keseluruhan. Sebagai solusinya Anda dapat menambahkan kapasitas RAM jika tersedia agar dapat meningkatkan kecepatan komputer.

Dari sisi Software

  • Operasi sistem yang terinstall tidak kompatibel dengan hardware. Jika OS tidak sesuai maka kinerja komputer akan menjadi lambat. Begitu juga dengan program yang terinstall, Anda harus memilih yang sesuai dengan OS yang digunakan. Solusinya adalah biasakan Anda membaca minimum system requirements yang terdapat pada CD/DVD program.
  • Visual Effect yang mempengaruhi performa sistem. Visualisasi serta tampilan pada dekstop Windows secara default memang menggunakan tema yang menarik dan lebih keren. Namun perlu Anda ketahui jika tema tersebut sebenarnya akan mempengaruhi kecepatan komputer. Cara mempercepat kinerja komputer yang lambat akibat masalah ini adalah dengan mengatur visualisasi tampilan secara minimum, yakni dengan memilih theme classic.
  • Terlalu banyak aplikasi program yang aktif saat startup sehingga akan memperlambat proses ketika menyalakan komputer pertama kali. Solusinya adalah dengan mendisable startup yang tidak dibutuhkan pada Startup System Configuration.
Loading...