Inilah 5 Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel

By Categories : Tekno

Di era teknologi yang semakin canggih ini keberadaan dari handphone hampir tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Handphone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja, tetapi digunakan juga sebagai alat untuk mendapatkan hiburan seperti mendengarkan musik, bermain game, atau sekedar browsing internet. Hal tersebut juga menyababkan orang kecanduan smartphone karena fitur-fitur menarik yang terdapat di dalamnya.

Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel

Terlebih lagi saat ini banyak smartphone atau ponsel pintar yang dibandrol mulai dari harga yang terjangkau sampai dengan sangat mahal. Namun dibalik kemudahan yang diberikan dari penggunaan ponsel tersebut, ternyata memiliki dampak yang bisa mengancam kesehatan tubuh. Dampak tersebut diakibatkan oleh radiasai yang dihasilkan dari smartphone tersebut jika tidak mengetahui benar cara penggunaannya. Nah untuk menghindari hal tersebut sebaiknya Anda perlu mengetahui tips mengurangi bahaya radiasi ponsel yang akan dibahas di bawah ini.

Berikut Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel

Hindari Menaruh Ponsel dalam Kantong Celana

Kebiasaan membawa ponsel dalam kantong celana sudah biasa bagi kebanyakan orang. Hal tersebut sebenarnya dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dalam jangka waktu lama, akibat dari radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel secara langsung. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa membawa tas kecil untuk menaruh ponsel Anda. Tujuannya adalah untuk mengurangi resiko dari radiasi ponsel tersebut.

Menjauhkan Ponsel Ketika Tidur

Tips mengurangi bahaya radiasi ponsel yang kedua adalah menjauhkan ponsel ketika tidur. Pasalnya tidur dengan meletakkan ponsel di samping tubuh dapat berakibat buruk. Karena secara tidak sadar radiasi dari ponsel akan mengenai tubuh. Oleh sebab itu sangat disarankan sekali untuk jangan meletakkan ponsel di samping tubuh ketika tidur. Untuk cara lain Anda dapat mematikan ponsel tersebut ketika Anda sedang tidur.

Menggunakan Headset atau Loudspeaker

Tips mengurangi bahaya radiasi ponsel berikutnya adalah menggunakan headset atau menggunakan loudspeaker saat menelpon. Saat menelpon berlangsung radiasi pada ponsel amatlah besar, apalagi jika berdekatan langsung dengan kepala tentu berdampak pada kesehatan meskipun dalam jangka lama. Untuk mengatasinya terdapat cara yaitu Anda bisa menggunakan loudspeaker agar suara lebih keras atau bisa juga menggunakan headset untuk membantu mengurangi bahaya radiasi.

Menghindari Ponsel pada Saat Sinyal Sedang Lemah

Ketika sinyal sedang lemah, ponsel akan berusaha untuk tetap mencari sinyal. Hal itulah yang menyebabkan radiasi menjadi cukup tinggi. Untuk itu ketika sedang lemah sinyal, sebaiknya Anda gunakan mode penerbangan terlebih dahulu untuk menghindari resiko dari radiasi yang tinggi.

Menggunakan Chat atau SMS

Jika tidak benar-benar terlalu penting sebaiknya menggunakan chat atau sms saja dibandingkan dengan menelpon. Kurangi penggunaan aktivitas menelepon untuk mengurangi efek radiasi dari ponsel. Ada baiknya jika mengalihkannya menjadi sms atau chat biasa.

Demikianlah tadi ulasan mengenai tips mengurangi bahaya radiasi ponsel yang dapat Anda ketahui. Meskipun dalam jangka waktu panjang tetapi radiasi dari ponsel tetaplah berbahaya. Baca juga artikel penting lainnya mengenai Dampak game online bagi pelajar.

Loading...