Handphone Terkena Air? Ini Hal yang Perlu Dilakukan!

By Categories : Gadget

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih membuat beberapa smartphone yang tahan terhadap debu dan air terus bermunculan. Teknologi ini tentunya sangat membantu para pengguna smartphone yang sering beraktivitas di luar ruangan. Selain mampu menjaga komponen smartphone, ini juga dapat mendukung saat kita bekerja.

Namun tidak semua smartphone memiliki fitur ketahanan terhadap air. Banyak orang yang merasa panik jika smartphone yang dimilikinya terkena air. Berikut ini adalah beberapa hal atau cara yang perlu dilakukan dengan cepat ketika handphone terkena air!

Handphone Terkena Air

Berikut Hal yang Perlu Dilakukan Saat Handphone Terkena Air

Jangan Menyalakan Langsung

Ketika handphone terkena air, langkah yang perlu diperhatikan adalah jangan menyalakan langsung handphone tersebut. Ketika dinyalakan handphone yang terkena air justru mengakibatkan rusaknya komponen pada handphone sehingga terjadi hubungan arus pendek. Nah oleh karena itu ketika handphone terkena air atau bahkan terendam air sebaiknya mengangkatnya dengan cepat, dan jangan langsung dinyalakan. Ini berguna untuk mencegah terjadi kerusakan.

Lepas Komponen Handphone seperti Casing dan Baterai

Hal yang perlu dilakukan berikutnya ketika handphone terkena air adalah melepas komponen hp seperti casing dan baterai. Cara ini perlu diperhatikan setelah cara di atas. Melepas komponen seperti baterai dan casing pada handphone bertujuan agar air di dalam komponen dapat keluar serta menghindari daya listrik pada baterai dengan air yang bisa menyebabkan korsleting. Selain itu Anda juga menghindari gerakan pada handphone terlalu banyak agar air di dalamnya tidak menyebar ke komponen lainnya. Setelah melepas jangan lupa untuk menggunakan kain penyerap air.

Mengeluarkan SIM serta Memory Eksternal

Selanjutnya adalah mengeluarkan kartu SIM dan juga memori eksternal jika tersedia. Setelah melepas casing dan baterai, jangan lupa juga mengeluarkan SIM dan memory eksternal. Ini berguna untuk menghindari kerusakan pada kedua komponen tersebut. Gunakan kain penyerap air pada kedua komponen tersebut.

Mengeringkan Dengan Menggunakan Kain Penyerap Air

Mengeringkan dengan menjemur secara langsung di bawah terik matahari justru dapat memicu kerusakan pada komponen. Setelah semua komponen pelengkap handphone sudah dilepaskan, langkah selanjutnya dengan menggunakan kain yang bisa menyerap air. Kain dengan tekstur lembut merupakan paling tepat untuk digunakan. Selain menggunakan kain Anda juga bisa menggunakan vacuum clearner mini untuk menyedot air yang masih tersisa di celah-celah handphone.

Cobalah untuk Menyalakan Ketika Sudah Kering

Ketika sudah benar-benar kering dengan menggunakan cara di atas serta membiarkan seharian, cobalah untuk menyalakan kembali. Pasanglah semua komponen termasuk paling penting baterai sebagai pemberi daya. Jika masih tidak bisa menyala, coba gunakan cara alternatif lainnya seperti menyolokkan charger pada handphone. Namun perlu dipastikan juga bahwa handphone sudah dalam kondisi benar-benar kering. Jika masih tidak bisa sebaiknya bawa ke teknisi hp untuk di check komponen apa yang bermasalah dengan memberitahukan permasalahan bahwa handphone terkena atau tercebur ke dalam air.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai hal yang perlu dilakukan saat handphone terkena air. Baca juga Cara merawat smartphone.

Loading...