Hal Terpenting Saat Memilih Printer Laser Warna

By Categories : Tekno

Setiap printer dibuat dengan spesifikasi yang berbeda, baik dari spesifikasi , teknologi, hingga fungsi. Ada banyak printer yang cepat dalam mencetak namun membutuhkan asupan daya listrik yang besar pula. Dari sekian banyak printer yang beredar di pasaran saat ini penggunaan printer laser menjadi pilihan banyak orang.  Selain mampu menghasilkan cetakan yang lebih baik, harga printer laser juga semakin terjangkau.

printer laser warna

Ada dua jenis printer laser yaitu printer laser monokrom dan printer laser warna. Dari kedua printer laser tersebut, banyak orang yang lebih memilih yang berwarna. Bentuknya cukup kecil, cepat, dan cukup terjangkau. Sebenarnya bukan hanya hargany yang cukup terjangkau, namun biaya operasionalnya . Jadi apa yang harus diperhatikan ketika akan memilih printer laser warna? Berikut pertimbangannta.

Kecepatan

Sebelum membeli printer laser, hitung terlebih dahulu perkiraan halaman yang akan Anda cetak setiap bulannya. Kemudian perhatikan kecepatan mesin  dan duty cycle bulanan dari printer yang akan Anda beli. lihatlah apakah pola pakai sesuai kemampuan tersebut atau tidak.

Kecepatan printer laser warna dinyatakan dalam halaman per menit. Dari sini Anda akan mengetahui seberapa cepat printer bekerja. Sebagai contoh Canon Laser Shot LBP5050N/5050 mampu mencetak 8ppm untuk warna dan yang hitam-putih 12ppm. Sedangkan Canon Laser Shot LBP5970 dapat mencetak hingga empat kali lipat yaitu 30ppm untu warna dan 32ppm untuk hitam-putih menggunakan kertas A4. Kecepatan Canon Laser LBP5970 melambat ketika mencetak kertas yang berukuran lebih besar yaitu A3 menjadi 15ppm.

Akurasi Warna

Semua printer laser warna memiliki fitur kalibrasi yang mampu mengecek konsistensi warna. Hal ini agar cetakan yang dihasilkan memiliki warna yang sama. Printer hogh-end akan melakukan kalibrasi setelah 4-50 salinan. Kemudian warna juga ditentukan oleh toner yang Anda gunakan. perusahaan printer selalu merekomendasikan menggunakan toner dengan merk yang sama dengan printer yang digunakan. Hal ini agar akurasi warna tetap terjaga.

Memori

Semua pengguna printer pasti menginginkan kecepatan cetak yang baik dan kualitas cetak yang prima. Kecepatan cetak sendiri dipengaruhi oleh  memori pada printer itu sendiri. Karena semakin tinggi memori maka proses cetak akan semakin baik. Namun tidak semua printer laser harus memiliki jumlah memori yang cukup besar karena ada beberaoa printer yang dapat berbagai tugas mencetak degan menggunakan memori PC yang dikoneksikan ke printer. Model printer Canon biasanya sudah menggunakan tekni ini.

Hemat energi

Dalam situasi ekonomi global, penting untuk memilih printer laser warna yang hamat energi. Salah satu merk printer terbaik yang memang membutuhkan asupan listrik rendah adalah Canon  Laser Shot LBP5970. Pada modus sleep, printer ini hanya membutuhkan asupan listrik sebesar 1W.

Baca juga Tips Memilih Printer yang Bagus

Loading...