Fungsi Sound Card Komputer

By Categories : Hardware

Sound Card merupakan salah satu perangkat keras komputer yang memiliki peranan penting untuk mendukung kebutuhan audio dalam sebuah komputer. Perangkat keras ini sudah banyak digunakan sejak komputer mulai berkembang, dimana fungsi dari komputer tida hanya untuk mengetik dokumen saja melainkan sudah masuk ke multimedia. Sehingga dibutuhkan suatu perangkat audio yang mumpuni.

Fungsi Sound Card

Sound Card memiliki bentuk seperti kartu komputer yang ditancapkan pada socket motherboard. Namun seiring berkembangnya teknologi, Sound Card saat ini sudah menggunakan teknologi USB yang kemudian dikembangkan menjadi Sound Card eksternal. Dengan ini Anda dapat memanfaatkan perangkat tersebut di beberapa komputer.

Fungsi Sound Card Komputer

  1. Mengonversi sinyal digital atau analog ke dalam bentuk gelombang sonic

Fungsi pertama dari perangkat keras ini adalah dapat melakukan konversi sinyal, baik digital maupun analog. Hasil konversi tersebut menjadikan suara yang berasal dari gelombang sonic. Ini memungkinkan semua sinyal yang masuk akan diolah dengan processor dan terdeteksi di dalam komputer sehingga kita dapat mendengar suara hasil dari konversi tersebut.

  1. Sebagai media pemprosesan audio komputer

Fungsi Sound Card komputer selanjutnya adalah memproses segala bentuk audio di dalam komputer. Jadi tidak hanya melakukan konversi saja, namun juga segala macam proses yang melibatkan audio.

  1. Meningkatkan kualitas audio di dalam komputer

Bagi Anda yang menginginkan kualitas audio yang terbaik sperti HD suroound dan kualitas suara lainnya yang biasa digunakan pada bioskop atau teater, maka Sound Card harus Anda perhatikan. Dengan Sound Card yang memiliki spesifikasi tinggi mampu meningkatkan mutu dan kualitas audio komputer Anda.

  1. Menambahakan fitur audio mutakhir pada komputer

Tidak hanya soal pengolahan suara saja, fungsi Sound Card juga dapat untuk menawarkan fitur menarik di dalam komputer. Fitur-fitur tersebut antara lain sound HD, 3D sound, Bass Booster, dan berbagai macam fitur lainnya. Hal ini tentu akan membuat suara yang dihasilkan lebih berkualitas.

  1. Mengatur volume dan equalizer pada komputer

Pengaturan volume dan equalizer pasti dibutuhkan untuk audio. Biasanya orang akan mengatur saat mendengarkan musik atau menonton film. Dengan Sound Card Komputer Anda dapat mengatur kekerasan suara serta melakukan pengaturan sederhana pada sistem audio komputer.

  1. Memberikan variasi suara pada komputer

Sound Card memiliki fitur yang menarik yang dapat Anda gunakan. Dengan begitu audio pada komputer Anda akan memiliki variasi  yang berbeda dan tentunya lebih berkualitas dibanding Sound Card standar.

  1. Mengolah dan mengedit suara, video dan musik

Fungsi Sound Card lainnya adalah melakukan pengolahan data yang berbentuk audio. Pengolahan data yang dimaksud aalah proses yang melibatkan pengeditan dari sebuah file audio. Sebagai contoh saat Anda membuat film pendek pasti sangat membutuhkan proses edit audio.

Loading...