Fungsi LAN Card Pada Komputer

By Categories : Hardware

Hingga saat ini teknologi informasi sudah perkembangan sangat pesat. Hal ini ditunjukan dengan adanya berbagai macam komputer dengan sifat yang lebih personal seperti PC, laptop, maupun netbook. Berbagai jenis komputer berupa chip yang dipasang pada mesin untuk membantu agar kinerja perangkat tersebut menjadi lebih baik.

Fungsi LAN Card

Berbicara soal sistem komputer terdapat banyak sekali bagian-bagian yang perlu diperhatikan dalam perakitannya. Jika salah saat memasangnya bukan tidak mungkin komputer tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya. Salah satu komponen yang memiliki peran penting untuk meningkatkan kinerja jaringan adalah adalah LAN card. LAN merupakan kependekan dari Local Area Network yang berarti suatu jaringan yang memiliki radius lokal, umunya mencakup satu rumah, sekolah, kantor, ataupun ruangan tertentu. LAN Card berbentuk seperti socket untuk jaringan komputer kabel, namun dilengkapi jumlah pin yang jauh lebih banyak dan berbentuk lebih pipih.

Fungsi LAN Card selain penting pada jaringan komputer juga terdiri dari beberapa jenis. Adapun jenis-jenis dari LAN Card adalah sebagai berikut :

  1. LAN Card Kabel

LAN Card jenis ini merupakan salah satu LAN Card klasik yang masih banyak yang menggunakannya hingga saat ini. LAN Card ini dihubungkan menggunakan kabel antara komputer satu dengan jaringan LAN atau jaringan lokalnya. Penggunaan LAN Card kabel dinilai lebih terjangkau dan efisien.

  1. LAN Card Wireless

Jenis LAN Card ini merupakan penerus dari LAN Card kabel, dimana teknologi yang digunakan sudah menggunakan wireless atau tanpa kabel. Land jenis ini menggunakan antena sebagai penangkap sinyal lokal. Keunggulannya adalah mudah untk instalasi dan mudah digunakan sehari-hari.

Inilah Fungsi LAN Card pada Komputer

LAN Card memiliki banyak fungsi dan yang utama adalah untuk mendukung jaringan koneksi antar komputer atau PC dalam suatu ruangan. Dengan adanya koneksi antar server dan PC di dalam ruangan dengan LAN Card maka komunikasi akan lebih mudah. Berikut adalah fungsi LAN Card lainnya.

  • Chatting antar instansi dalam satu gedung

Dalam satu perusahaan yang memiliki gedung yang cukup besar, penggunaan LAN Card akan sangat membantu untuk berkomunikasi antar karyawan. Hal ini tentu lebih efektif dibanding komunikasi dengan bertetap muka saat jam kerja.

  • Membagi koneksi jaringan internet dalam satu ruangan

Fungsi LAN Card selanjutnya adalah dapat membagi jaringan misalnya daam satu kantor, atau sekolah. Jadi hanya dengan menggunakan satu server maka koneksi internet dapat dinikmati oleh seluruh jaringan PC dalam ruang lingkup tersebut.

  • Membagikan file dan dokumen tanpa koneksi internet

Biasanya para pekerja kantor saling membagikan fila atau dokumen menggunakan teknologi internet. Namun dengan adanya LAN Card untuk berbagi file tersebut tidak perlu terhubung internet.

Loading...