Fungsi Kabel Coaxial beserta Kelebihan dan Kelemahan

By Categories : Internet

Kabel Coaxial merupakan salah satu kabel yang digunakan dalam membangun sebuah jaringan komputer. Kabel Coaxial merupakan salah satu dari jenis kabel Twisted Pair yang mempunyai karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan jenis kabel UTP dan kabel STP. Pada pembahasan kali ini membahas mengenai fungsi kabel Coaxial beserta kelebihan dan kelemahan yang dimiliki. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan ikuti pembahasannya di bawah ini!

Fungsi Kabel Coaxial

Berikut Fungsi Kabel Coaxial beserta Kelebihan dan Kelemahan

Kabel Coaxial mempunyai nama lain yakni BNC singkatan dari Bayonet Naur Connector yang biasa disebut dengan “Coax”. Sementara untuk bahasa Indonesia, Kabel Coaxial memiliki arti kabel sesumbu. Secara umum kabel ini dapat diartikan sebagai media transmisi data dengan menyalurkan berbagai informasi yang diubah menjadi sinyal listrik. Kabel ini digunakan dalam dunia jaringan komputer.

Fungsi kabel coaxial adalah sebagai media penghubung yang berguna dalam mengalirkan transnmisi data dari perangkat keras komputer satu menuju perangkat keras komputer yang lain. Untuk masalah kecepatan transmisi data kebal coaxial memiliki kecepatan yang cukup baik.

Fungsi coaxial lainnya adalah guna membagi sinyal frekuensi tinggi atau disebut juga dengan sinyal broadband. Kabel coaxial memiliki berbagai komponen di dalamnya diantaranya sebagai berikut.

  • Kabel tembaga terletak di tengah yang berguna untuk media konduktor aliran listrik.
  • Lapisan plastik berguna untuk memisahkan antara kabel tembaga dengan lapisan metal yang mengelilinginya.
  • Lapisan metal berguna untuk melindungi bagian dalam kabel dari gangguan interferensi gelombang elektromagnetik dari luar,
  • Lapisan plastik terletak pada bagian luar yang berguna untuk melindungi label itu sendiri.

Kabel Coaxial biasanya lebih digunakan oleh seseorang yang menggunakan topologi jaringan dengan arsitekturkan ring dan bus. Untuk proses penerapannya, seperti kabel lainnya proses instalasi kabel jaringan ini harus dilakukan dengan cara rapi. Jika sampai salah dalam perhitungan ukuran yang terpat dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan pada NIC (Network Interface Card). Di samping itu akibat lainnya adalah kinerja jaringan yang kurang maksimal.

Kelebihan Kabel Coaxial

  • Kabel coaxial memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan kabel fiber optik.
  • Kabel coaxial memiliki kecepatan transmisi cukup tinggi walaupun mempunyai keterbatasan dalam hal jangkauan.
  • Walaupun dalam proses instalasinya cukup rumit, namun Kabel coaxial peka terhadap isyarat.
  • Teknologi yang digunakan pada jaringan kabel coaxial sangat umum, mengingat kabel ini sudah digunakan sejak puluhan tahun lalu.

Kelemahan Kabel Coaxial

  • Untuk mempertimbangkan ukurannya kabel coaxial memerlukan ketelitian yang tinggi, sehingga cukup rumit dalam proses instalasi.
  • Kabel coaxial cenderung lebih mahal dalam biaya pemeliharaan yang dibutuhkan.
  • Kabel jenis ini sangat rentan terhadap temperature di dalam kabel.
  • Jangkauan transmisi data dari kabel coaxial terbilang terbatas, sehingga membutuhkan repeater yang digunakan untuk memperkuat sinyal di jarak yang jauh.

Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai fungsi kabel coaxial beserta kelebihah dan kelemahan. Baca juga artiekel mengenai Jenis-jenis kabel jaringan komputer.

Loading...