Fungsi Fitur Aplikasi Ccleaner

By Categories : Software

Dalam penggunaan komputer dibutuhkan aplikasi cleaner atau disebut juga dengan aplikasi pembersih sampah dari hasil penggunaan. Ketika selesai menggunakan komputer untuk berbagai keperluan seperti browsing atau mengerjakan tugas lainnya, maka secara otomatis akan menyisakan file cache. Jika cache dibiarkan maka akan menumpuk, dan tentunya akan menyebabkan memori komputer menjadi penuh akibatnya komputer menjadi melambat.

Fungsi Fitur Aplikasi Ccleaner

Sebagai pengguna tentunya tidak ingin memiliki komputer atau PC dengan kinerja lemot. Oleh sebab itu dibutuhkan aplikasi pembersih seperti Ccleaner yang namanya sangat populer dikalangan pengguna komputer. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, meskipun terdapat versi premiumnya. Dengan berbagai fitur yang dimiliki membuat aplikasi Ccleaner ini dapat diandalkan untuk membersihkan semua sampah setelah penggunaan. Selain itu aplikasi ini memliki fungsi lainnya, apa saja fungsinya?

Berikut Fungsi Fitur Aplikasi Ccleaner

Cleaner

Seperti penjelasan di atas tadi bahwa aplikasi ini berguna membershkan file sampah yang ada di komputer. Fitur di dalam Ccleaner yang pertama adalah Cleaner. Fitur ini dapat membersihkan semua history penggunaan mulai dari browser Google Chrome, Firefox, sampai dengan file sampah yang dihasilkan setelah menggunakan aplikasi. Di dalam fitur file cleaner Anda dapat melakukan analisis terlebih dahulu kemudian barulah untuk memilih run cleaner, namun bagi Anda yang tidak ingin berlama-lama maka Anda bisa langsung meng-klik tombol run cleaner.

Registry

Fungsi fitur aplikasi Ccleaner yang kedua adalah registry. Dengan menggunakan fitur ini Anda dapat melakukan scan registry melalui komputer atau laptop yang Anda gunakan. Fungsi registry sendiri adalah untuk mencari registry sedang eror yang berasal dari sisa registry program yang mungkin telah Anda hapus atau uninstall. Setelah menemukannya, Anda dapat memperbaikinya tanpa melakukan back up terlebih dahulu. Cara penggunaan yang mudah menjadi kelebihan dari aplikasi Ccleaner.

Tools

Pada Tools terdapat sub fitur di dalamnya seperti Uninstal, Start Up, File Finder, System Restore, dan Drive Wiper.

  • Uninstal
    Uninstal berguna untuk menghapus program atau aplikasi yang terdapat pada komputer Anda. Fitur ini sangat mudah digunakan dengan tinggal memilih aplikasi yang akan Anda hapus dari komputer.
  • Start Up
    Start Up berfungsi untuk mengatur aplikasi apa saja yang aktif saat start up sistem operasi sedang berjalan. Fitur yang satu ini berguna untuk mematikan aplikasi mana yang kurang berguna, sehingga loading saat start up pertama tidak terlalu berat.
  • System Restore
    System Restore berfungsi untuk memback up sistem komputer Anda, untuk mencegah ketika komputer Anda mengalami eror. Dengan menggunakan fitur system restore maka komputer dapat kembali sebelum eror terjadi.
  • Drive Wiper
    Drive Wiper berfungsi untuk membersihkan semua file yang sudah terhapus, yang bertujuan untuk tidak dikembalikan lagi ketika Anda menggunakan aplikasi recovery. Terdapat dua pilihan seperti Free Space Only dan juga Entire Drive. Untuk Free Space untuk mengosongkan semua ruang, sedangkan untuk entire drive berguna menghapus seluruh file pada partisi.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai fungsi fitur aplikasi Ccleaner yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel tenang Aplikasi pembersih Android.

Loading...