Fungsi dari Internet Download Manager dan Kelebihan

By Categories : Internet

Bagi Anda pengguna internet dan gemar dengan aktivitas download file dari internet entah itu game, film, ataupun file lainnya tentu sudah tidak asing dengan kehadiran dari Internet Download Manager atau disingat dengan IDM. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi download terbaik untuk PC yang sangat populer di kalangan pengguna internet. Meskipun begitu sebagian orang masih belum mengetahui dari fungsi dari Internet Download Manager. Nah bagi Anda yang belum mengetahui apa fungsi dan kelebihan dari aplikasi tersebut? Silahkan simak pada pembahasannya di bawah ini!

Fungsi dari Internet Download Manager

Berikut Fungsi dari Internet Download Manager dan Kelebihannya

Fungsi dari Internet Download Manager

Internet Download Manager atau IDM merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk proses download melalui internet. Aplikasi dengan rating tinggi ini dapat mengunduh file secara cepat membutuhkan koneksi internet lancar. Aplikasi IDM juga memiliki fitur yang digunakan untuk membantu proses download para pengguna. Untuk mendapatkan aplikasi ini Anda dapat mengunjungi situs resminya. Untuk versi penggunaan selamanya, pengguna akan dikenakan biaya yang sudah ditentukan.

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur lebih baik dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Salah satu fitur yang dimiliki dari IDM adalah mampu membagi data yang didownload menjadi beberapa bagian, dengan begitu pengguna dapat mengunduh data lain secara bersamaan dengan kecepatan yang lebih baik (tergantung dengan koneksi internet yang Anda gunakan). Lalu apa saja kelebihan dari Interet Download Manager?

Kelebihan dari Internet Download Manager

Terdapat fitur resume download. Aplikasi IDM memiliki fitur resume download yang sangat memungkinkan untuk pengguna meneruskan kembai proses download mereka di saat koneksi internet mengalami gangguan. Sebagai contoh ketika melakukan proses pengunduhan file besar dengan ukuran 1 GB lalu sudah mencapai 50 persen, tiba-tiba koneksi putus secara otomatis proses download akan berhenti. Namun pengguna tak perlu khawatir jika menggunakan aplikasi IDM, dikarenakan aplikasi tersebut dapat melanjutkan kembali (resume) proses download tersebut setelah koneksi tersambung lagi.

Namun tidak selamanya file yang Anda download dapat diresume kembali. Bukan file yang Anda download tersebut, melainkan server yang digunakan oleh file tersebut memang tak menyediakan untuk di download kembali ketika gagal.

Membatasi Kecepatan Download

Kelebihan berikutnya adalah dapat melakukan pembatasan kecepatan saat melakukan proses download berlangsung. Hal ini sangat memungkinkan pengguna juga membatasi bandwith saat melakukan download. Dengan menggunakan batas kecepatan saat proses pengunduhan, maka kecepatan yang dibagi adil secara rata saat digunakan bersama-sama.

Telah Terintegrasi dengan Browser

Kelebihan lain dari aplikasi IDM adalah telah terintegrasi dengan kebanyakan browser saat ini. Browser merupakan aplikasi yang digunakan untuk berselancar di internet. Kelebihan yang dimiliki IDM adalah terintegrasi dengan semua browser populer saat ini seperti Google Chrome, Firefox, Opera, dan aplikasi browser lainnya. Dengan terintegrasi dengan browser, pengguna juga bisa mengunduh video melalui Youtube sekalipun.

Nah demikianlah tadi pembahasan mengenai fungsi Internet Donwload Manager dan kelebihannya yang dapat Anda ketahui.

Loading...