Fungsi dan Manfaat Dropbox Sebagai Media Penyimpanan dan Berbagi File

By Categories : Software

Fungsi dan manfaat dropbox sebagai tempat menyimpan dan berbagi file sangat banyak, terutama bagi mereka yang sering mobile atau berpindah-pindah tempat. Dropbox adalah layanan penyimpanan file yang bersifat cloud artinya semua file kita akan disimpan di server dropbox sehingga bisa mengakses di manapun dan kapanpun dari berbagai macam device baik itu komputer, laptop dan smartphone.

Fungsi dan Manfaat Dropbox

Berikut Fungsi dan Manfaat Dropbox yang Perlu Anda Ketahui

Berkerja Bersama dengan Dropbox

Aplikasi penyimpanan data online ini menyediakan beberapa cara untuk mengakses file yang kita simpan di antaranya yang paling mudah adalah melalui web dropbox.com bisa juga dengan aplikasi yang diinstal di laptop atau smartphone. Selain berfungsi sebagai media penyimpanan cloud dropbox juga bisa digunakan untuk sharing file. Saya sendiri bersama tim menggunakan dropbox untuk sharing file. Saat satu file diubah maka semua orang yang diinvite pada file tersebut akan dapat segera melihat perubahan secara real time, seperti layaknya berbagi file melalui jaringan LAN/WiFi, bedanya dropbox menggunakan jaringan internet jadi meskipun berada di tempat yang berbeda kami tetap bisa berkerja bersama.

Tidak Takut Kehilangan Flashdisk

Kelebihan lain menggunakan dropbox atau layanan cloud penyimpanan file lainnya adalah kita tidak direpotkan membeli dan membawa flashdisk atau hardisk external karena kemanapun kita pergi file yang kita simpan bisa diakses selama kita terhubung ke internet. Seperti kita tahu bahwa flashdisk dan hardisk external merupakan barang yang mudah hilang dan mudah rusak, apa jadinya jika flashdisk/hardisk yang berisi file penting tiba-tiba rusak atau hilang disaat-saat penting? Tentunya kita tidak mau direpotkan dengan hal-hal seperti itu.

Sebagai Web Hosting

Fungsi dan Manfaat Dropbox selanjutnya dapat dijadikan sebagai web hosting. Bagi kamu yang ingin punya website/blog tapi ingin tetap gratis, jangan khawatir karena kita bisa memanfaatkan dropbox sebagai web hosting. Caranya adalah dengan membuat sebuah folder publik. Isi folder tersebut dengan file-file website kamu. Untuk domainnya Anda bisa menggunakan layanan url shortener seperti bit.ly jadi nanti situs kamu bisa diakses melalui bit.ly/namasituskamu keren kan?

Cara Menggunakan Dropbox

Selain fungsi dan manfaat dropbox yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara menggunakan dropbox. Sebelum menggunakan dropbox sebaiknya kita mengintall aplikasinya di komputer kita. Dropbox tersedia di windows, linux dan mac jadi kita bisa berbagi file lintas OS. Setelah mendaftar, unduh aplikasinya di www.dropbox.com, buka file yang sudah kita unduh lalu install seperti menginstall aplikasi lainnya. Setelah terinstall nantinya di laptop Anda akan muncul satu folder baru bernama “Dropbox”. Kita bisa menggunakannya seperti biasa seperti membuat folder baru, memindahkan file dsb semua file yang ada di folder tersebut akan di upload dan disimpan di server dropbox untuk bisa Anda akses dari device atau dari tempat lain.

Dropbox menyediakan 2GB gratis ruang penyimpanan, jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan maka bisa mengupgrade ke versi berbayar. Bagi Anda pengguna smartphone Android, ada beberapa aplikasi penyimpanan data online lainnya seperti Box, Sugar Synce, dan Google Drive yang mungkin bisa Anda coba.

Loading...