Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi

By Categories : Tekno

Energi minyak bumi berasal dari fosil jutaan tahun lalu. Jumlah dari minyak bumi kian hari kian berkurang akibat penggunaan manusia yang tidak terbatas. Untuk membantu mengurangi penggunaan minyak bumi sebagai sumber energi, salah satunya adalah menggunakan energi alternatif. Terdapat banyak keuntungan menggunakan energi alternatif.

Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi

Berikut Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi

  • Ethanol

Ethanol merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk sumber energi alternatif pengganti minyak bumi. Ethanol sendiri merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui, sehingga sangat cocok sebagai pengganti minyak bumi. Bahan bakar ethanol dihasilkan dari fermentasi tumbuhan seperto jagung, tebu, dan beberapa tumbuhan lain yang mempunyai kandungan karbohidrat tinggi.

Kelebihan lain dari ethanol seperti bisa dicampurkan dengan bahan bakar bensi guna meningkatkan kualitas emisi serta oktan. Akan tetapi sumber energi ini memiliki dampak pengaruh pada harga serta kesediaan pangan mengingat berasal dari tanaman jagung, tebu, dan gandum.

  • Gas Alam

Gas alam mempunyai ketersediaan lebih tinggi ketimbang minyak bumi. Gas alam sudah digunakan dan dimanfaatkan oleh berbagai negara di dunia sebagai energi alternatif pengganti minyak bumi. Keuntungan dari gas alam yakni jumlah emisi yang dikeluarkan relative ramah terhadap lingkungan. Gas alam didapatkan dari hasil sampingan proses pengeboran minyak bumi.

  • Hidrogen

Hidrogen memiliki potensi cukup besar sebagai energi serta sumber bahan bakar. Pasalnya hidrogen dapat dicampur dengan gas alam untuk menghasilkan bahan bakar yang lebih efisien bagi kendaraan. Hidrogen dapat digunakan pada mesin kendaraan yang menggunakan bahan bakar listrik yang terkenal ramah lingkungan. Meskipun begitu, energi hidrogen belum masih belum populer, dikarenakan membutuhkan teknologi serta biaya yang relatif masih mahal.

  • Biodiesel

Energi alternatif pengganti minyak bumi berikutnya adalah biodiesel. Biodiesel merupakan energi yang diperoleh dari lemak binatang atau minyak tumbuhan. Adapun tanaman yang mempunyai kandungan minyak tinggi seperti jarak pagar, kelapa, serta kelapa sawit. Biodiesel dapat digunakan untuk mesin kendaraan diesel yang menggunakan bahan bakar jenis solar. Selain ramah lingkungan, penggunaan bahan bakar ini dapat diperbaharui selama hewan serta tumbuhan masih ada.

  • Listrik

Penggunaan listrik saat ini tidak hanya diterapkan pada rumah tangga saja, melainkan untuk mobil dengan teknologi listrik sebagai sumber energinya. Kelebihan dari energi listrik adapa dapat disi ulang sendiri ketika habis. Saat ini sudah banyak negara yang memproduksi mobil listrik untuk mengurangi penggunaan mobil bahan bakar minyak. Energi listrik dapat dihasilkan dari sumber energi matahari, angin, air, nuklir, dan lain-lain.

  • P-Series

P-Series merupakan gabungan dari berbagai senyawa seperti gas alam, ethanol, dan Methyl Tetra Hydro Furan. P-Series ini sangat efektif juga untuk menggantikan peran dari minyak bumi. P-Series mempunyai nilai oktan yang cukup tinggi, sehingga penggunaan cukup efisien. Akan tetapi produsen kendaraan belum ada yang menggunakan bahan bakar jenis ini.

Itulah tadi beberapa energi alternatif pengganti minyak bumi yang bisa digunakan untuk membantu mengurangi penggunaan dari minyak bumi yang tidak bisa diperbaharui. Dengan berbagai kelebihannya, energi-energi alternatif tersebut juga mempunyai kekurangan tersendiri.

Loading...