Efek Terlalu Lama di Depan Komputer

By Categories : Tekno

Terdapat banyak penelitian mengungkap bahwa orang yang bekerja di depan komputer akan mengalami banyak masalah jika tidak diimbangi dengan langkah yang benar. Semua orang tentu akan berpikir jika terlalu lama bertatapan dengan layar komputer atau laptop akan membuat mata cepat lelah, punggung terasa pegal, leher terasa kaku, dan berbagai masalah lainnya.

Namun tidak hanya itu saja efek yang terjadi ketika seseorang bertatapan dengan layar cukup lama. Biasanya orang akan berkerja selama 8 jam dengan jam kerja efektif selama 7 jam. Para peneliti mengungkapkan protein yang terdapat pada lapisan mata berfungsi untuk menjaga kelembapan mata. Nah untuk orang yang menatap layar pada kurun waktu lebih dari 7 jam akan mengalami tingkat MUC5AC yang paling rendah dibandingkan dengan orang yang mengalami gejala mata kering. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai efek terlalu lama di depan komputer, simak ulasan berikut ini!

Efek Terlalu Lama di Depan Komputer

Efek Terlalu Lama di Depan Komputer

Munculnya Lingkaran Gelap pada Sekitar Bawah Mata

Jika semakin lelah berada di depan layar laptop atau komputer, akan menimbulkan lingkaran gelap pada sekitar bawah mata. Hal tersebut memang benar adanya dan akan membuat Anda terlihat sangat lelah, tak berenergi, serta kusam pada ekspresi wajah. Untuk solusinya lebih baik Anda untuk mengistirahatkan mata sejenak pada layar komputer dengan cara memejamkan mata selama 10 menit atau lebih, berjalan-jalan sebentar ketika sudah lelah, serta menggunakan irisan mentimun untuk mengompres mata Anda.

Meningkatnya Berat Badan Tubuh

Para ahli dari Australia menemukan bahwa mereka yang sering duduk dalam jangkau waktu lama dan berhadapan dengan layar komputer memiliki pinggang yang lebih besar dan memiliki tingkat kolestrol jahat lebih tinggi. Solusi masalah ini adalah seperti melakukan olahraga pada pagi hari selain menyehatkan badan juga mampu menambah stamina pada tubuh, berdiri selama beberapa menit untuk membantu menurunkan resiko tersebut. Baca juga Aplikasi Karaoke Terbaik untuk PC

Otot Menjadi Kaku dan Pundak Menjadi Nyeri

Efek terlalu lama di depan komputer selanjutnya adalah Otot menjadi kaku serta pundak menjadi nyeri. Hal ini banyak dialami oleh seseorang yang berada pada tempat kerja dengan bertatapan pada layar komputer pada waktu yang cukup lama. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda mengatur meja serta komputer dengan baik dan benar. Selain itu atur juga komputer tepat di dapan Anda ketika duduk. Solusi lainnya adalah sering bergerak dan putar-putar leher, serta pijat pijat leher Anda.

Sakit Kepala atau Pusing Kepala

Sakit kepala atau pusing merupakan efek dari terlalu lama di depan komputer berikutnya. Hal ini dikarenakan cahaya fluorescent yang tidak mampu dilihat dengan mata telanjang. Cahaya tersebut dapat menyebabkan pusing atau sakit kepala serta mata tegang. Efek lainnya adalah dengan menatap layar terlalu lama dapat menyebabkan gangguan mata seperti minus pada mata.

Nah itulah pembahasan mengenai efek terlalu lama di depan komputer, baca juga artikel lainnya Aplikasi Download Terbaik untuk PC

Loading...