Dampak Positif Video Game

By Categories : Tekno

Tidak hanya dampak negatif saja dalam bermain game, tetapi terdapat juga dampak positif video game. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai riset yang menunjukkan bahwa danya dampak positif asal tidak berlebihan dalam bermain game khususnya pada anak-anak. Game dapat dimainkan melalui perangkat apa saja seperti game konsole, game komputer, dan juga melalui smartphone.

Tetapi Anda sebagai orang tua harus terus mengawasi permainan game anak Anda. Pasalnya dengan adanya peraturan dalam pengaturan waktu bermain dan juga pengawasan yang tepat dan benar, maka sejumlah keuntungan positif justru dapat diperoleh dari bermain game. Nah bagi Anda yang ingin mengetahuinya, langsung saja simak ulasan dibawah ini!

dampak positif video game

Dampak Positif Video Game

Koordinasi Mata serta Tangan

Dampak positif bermain game yang pertama adalah adanya koordinasi antara mata dan juga tangan. Bermain game sebenarnya mampu meningkatkan ketangkasan dari sang anak. Hal tersebut justru mampu berguna untuk kegiatan sehari-hari. Sebenarnya terdapat hal lain yang dapat meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan yaitu dengan melakukan olahraga. Tetapi tidak ada salahnya untuk bermain game, asal tetap ada pengawasan dan peraturan dalam bermainnya.

Kebugaran dan juga Gizi

Terdapat banyak game yang memiliki berbagai unsur seperti kebugaran, hidup, dan juga gizi dalam permainannya sebagai tujuan utama permainan tersebut. Dengan adanya tujuan tersebut maka mampu mendorong para pemain game untuk menurunkan berat pada badan dan juga untuk mempertahankan gaya hidup yang baik. Hal ini tentu harus dilakukan dengan adanya kemauan, biasanya baik untuk anak-anak.

Aktivitas Tubuh

Dalam hal ini bukan aktivitas fisik dengan unsur kekerasan, melainkan game dengan unsur positif dalam aktivitas fisik. Misal saja game dengan genre olahraga seperti sepak bola, bola voli, senam, basket, dan juga olahraga lainnya yang bersifat baik untuk anak. Nah disinilah dibutuhkan kecerdikan sebagai orang tua untuk menggunakan game tersebut pada anak agar sang anak tidak hanya sekedar duduk dan bermain game, melainkan juga mempraktekkan game tersebut.

Meningkatkan Kemampuan dalam Belajar

Game edukasi untuk anak memang sangat baik dalam permainannya, karena secara tidak langsung mampu membantu anak dalam proses belajar. Dengan adanya game edukasi akan memberikan anak Anda dalam kesempatan untuk meningkatkan dalam pemecahan masalah dan juga membuat keputusan yang baik. Apalagi video game berkembang pesat dalam penggunaannya dimana para pemain harus memikirkan dan mengendalikan game tersebut. Keuntungan lainnya adalah sang anak lebih sabar, kreatif dan juga mampu memecahkan teka-teki.

Mampu Mengurangi Rasa Stres

Stres tidak hanya dialami oleh orang tua saja, melainkan juga pada anak-anak. Hal ini dikarenakan berbagai hal, sebagai orang tua Anda harus memberikan sedikit hiburan pada anak Anda misal saja pada hari libur tiba. Salah satu hiburan yang dapat Anda berikan kepada anak adalah dengan memberikan waktu dalam bermain game, hal ini mampu mengurangi rasa bosan dan stres pada anak. Yang perlu diingat adalah dengan pengawasan yang tepat dan benar, agar permainan game memiliki unsur serta nilai positif.

Itulah tadi pembahasan mengenai dampak positif video game, asal terdapat pengawasan dan juga peraturan yang benar. Baca juga artikel Aplikasi Download Terbaik untuk PC

Loading...