Dampak Positif Internet

By Categories : Internet

Di era globalisasi sekarang ini sudah banyak orang yang mengetahui dan akrab dengan yang namanya internet. Dengan melalui akses internet kita dapat mengetahu berbagai informasi luar yang dibutuhkan. Internet sendiri merupakan jaringan komputer global yang dapat diakses oleh siapa saja dari penjuru dunia asal terdapat koneksi jaringan. Jaringan ini terhubung dengan jutaan komputer yang memanfaatkan kabel telepon yang dapat melancarkan gelombang elektromagnetik.

Internet sendiri pada awalnya muncul tahun 1969 di Amerika Serikat yaitu sebuah teknologi yang dilakukan oleh Amerika Serikat (Baca Juga Perkembangan Teknologi Internet). Untuk saat ini sudah ada banyak situs yang menjadi sumber yang baik dan jahat. Situs tersebut akan semakin bertambah setiap harinya. Informasi dapat dikatakan positif apabila dapat bermanfaat bagi para pengguna. DIbawah ini pembahasan mengenai dampak positif internet yang dapat Anda baca, berikut ulasannya!

dampak positif internet

Dampak Positif Internet

Internet Sebagai Media Pencarian Informasi

Dampak positif internet yang pertama adalah sebagai media pencarian informasi apa saja yang dibutuhkan. Saat ini internet sudah berkembang sangat pesat dan bahkan sudah menjangkau sampai dengan pelosok dunia. Setiap harinya terdapat berita baru dari segala aspek di kehidupan. Hanya dengan mengandalkan mesin pencarian seperti Google, Msn, Yahoo, dan lain sebagainya maka seseorang dapat mencari informasi yang diinginkan. Hal ini sangat dibutuhkan oleh siapa saja yang ingin mencari informasi.

Internet Sebagai Media Bisnis

Dengan bantuan internet maka kemudahan berbisnis dan bertransaksi akan semakin mudah. Hal ini memungkinkan kita tidak perlu untuk pergi ke penjual. Namun perlu diingat pula harus memperhatikan keamanan dalam bertransaksi di internet, karena terdapat berbagai hal kriminal seperti penipuan yang marak terjadi melalui internet. Penjualan melalu internet disebut juga dengan Electronic Commerce yang pembayarannya menggunakan kartu kredit sebagai media. Misal saja seperti pembelian baju, laptop, makanan, dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga dapat mentranfer sejumlah uang untuk transaksinya. Yang terpenting adalah pastikan situs tersebut aman (Baca Juga Toko Online Terbesar dan Terpercaya di Indonesia).

Internet Sebagai Media Komunikasi Jarak Jauh

Dampak positif internet berikutnya adalah dapat digunakan untuk keperluan komunikasi dari jarak jauh. Komunikasi ini dapat dilakukan dari jarak yang sangat jauh, namun tentunya sekali lagi membutuhkan koneksi internet lancar. Komunikasi yang bisa dilakukan seseorang diantaranya adalah seperti mengirim e-mail(Surat Elektronik), chatting melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, dll, serta video call yang memungkinkan komunikasi dengan melihat wajah melalui laptop atau gadget yang memiliki fitur kamera depan.

Internet Sebagai Pertukaran Data

Mungkin pada zaman dahulu ingin meminta data berukuran beragam harus menemui terlebih dahulu. Namun dengan adanya internet maka seseorang dapat bertukar data dengan menggunakan e-mail, FTP, www (World Wide Web), dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu dapat memudahkan pengguna internet di seluruh penjuru dunia yang ingin mencari data yang dibutuhkan dengan cepat dan sederhana.

Sebagai Media Pendidikan

Tidak hanya sebagai media hiburan saja yang terdapat di internet, melainkan juga sebagai media pendidikan. Melalui internet pelajar dapat mencari berbagai artikel mengenai pendidikan, sehingga pelajar dengan mudah dapat belajar melalui sumber yang ada di internet. Sisi baiknya maka pelajar lebih dapat belajar dengan mudah ketika mereka tidak mengetahuinya dengan hanya mencari di internet. Apalagi saat ini sudah banyak terdapat situs yang memberikan kursus-kursus belajar melalui internet secara gratis, dimana pelajar tidak harus datang ke sebuah tempat tersebut pada waktu yang sudah ditentukan.

Itulah pembahasan mengenai dampak positif internet, baca juga artikel Daftar Pesawat Tempur Indonesia

Loading...