Dampak Negatif Game Online Bagi Pelajar

By Categories : Tekno

Ketika mendengar nama “Game” tentu kita sudah membayangkan serta mengasumsikan dengan bermain game maka dapat mengatasi segala hal yang membuat orang jenuh. Game saat ini memang sudah banyak diminati oleh siapa saja mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Berbagai game dengan genre yang berbeda membuat game tersebut lebih fleksibel untuk dimainkan, mengingat setiap orang menyukai genre yang berbeda-beda. Namun tidaklah semua orang paham dan menyukai game.

Dengan kemajuan teknologi sekarang ini mengakses game dapat melalui apa saja seperti game konsole, komputer, sampai dengan perangkat smartphone. Salah satu game yang populer dikalangan masyarakat adalah dengan hadirnya game online. Rata-rata yang menyukai game online adalah para pelajar. Tetapi semua dibalik itu apa mereka mengetahui dampak negatif bermain game online secara berlebihan? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut!

dampak negatif bermain game online

Dampak Negatif Game Online Bagi Pelajar

Berkurangnya Sosialisasi Terhadap Sesama

Game online merupakan game yang cara bermainnya harus terhubung langsung dengan jaringan internet. Game online ini bersifat sangat luas, dan bahkan yang membuat seru adalah dapat bermain dengan teman yang ada di dunia. Namun jika memainkannya secara berlebihan maka dapat berdampak buruk yaitu akan mengurangi rasa sosialisasi terhadap sesama. Game online dapat membuat kecanduan yang ingn terus memainkannya, sehingga akan menghabiskan banyak waktu hanya untuk bermain game. Akibatnya adalah tidak ada rasa bermain dengan anak lainnya, dan merasa tidak peduli terhadap sekitar karena sudah fokus terhadap game tersebut. Baca juga artikel Jenis-jenis Jaringan Komputer

Sulit untuk Berkonsentrasi

Dampak negatif game online bagi pelajar yang berikutnya adalah sulit atau susah untuk berkonsentrasi. Bagi anak yang bermain game online secara berlebihan, biasanya anak tersebut akan mengalami susah dalam berkonsentrasi dalam pelajaran di sekolahnya. Hal ini disebabkan, karena pikirannya selalu ingin bermain game dan penasaran dengan game tersebut. Oleh karena itu sebagai orang tua harus mengawasi pergaulan anak dengan baik, dan menasihati dampak buruk bermain game secara berlebih.

Sulit untuk Berinteraksi

Dengan terbiasa dengan berhadapan langsung dengan monitor, biasanya dapat membuat anak akan susah berinteraksi dengan orang lain. Selain itu akan sulit untuk mengekspresikan dirinya sendiri. Hal ini dikarenakan kebiasaan bermain game dengan menhadap ke monitor dalam waktu yang lama. Hal berlebihan tersebut, tentu tidak baik. Solusi yang tepat adalah membatasi bermain game online maupun game PC.

Lupa akan Segala Hal

Dengan asik bermain game biasanya anak sampai dengan orang dewasa terkadang lupa waktunya makan, minum, dan juga berolahraga. Hal tersebut tentu saja akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh dan mudah terkena serangan penyakit. Selain itu radiasi yang ada pada monitor juga berdampak buruk pada kesehatan mata yang mengakibatkan timbulnya berbagai gangguan pada mata, seperti mata minus, mata sering pedih, dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa dampak negatif game online bagi pelajar, perlu diingat bermain game boleh dilakukan namun sebaiknya jangan berlebihan, karena jika berlebihan akan mengakibatkan sesuatu yang buruk. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel Perbedaan LCD dan LED

Loading...