Custom ROM Android Terbaik 2015

By Categories : Software

Sebagai pengguna platforms Android cukup puas dengan tampilan serta kinerja dari sebuah sistem operasi besutan Google tersebut. Meskipun begitu banyak pengguna yang ingin memiliki tampilan lain untuk memberikan nuansa yang berbeda pada ponsel Andoid milik mereka. Sebagai pengguna Android mungkin kata Custom ROM pernah Anda dengar.

Custom ROM merupakan firmware alternatif yang biasa digunakan sebagian orang untuk mengganti firmware bawaan ponsel Android yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Seperti yang kita ketahui bahwa sistem operasi Android merupakan sistem operasi open source atau terbuka bagi semua pengguna.

MIUI

Untuk Custom ROM biasanya memiliki website resmi yang didalamnya terdapat ponsel apa saja yang kompatibel saat menggunakannya. Oleh karena itu jangan asal sembarangan menggunakan Custom ROM pada ponsel yang tidak kompatibel. Perlu diingat bahwa tidak semua perangkat Android kompatibel dengan custom ROM, sehingga jangan terlalu memaksakan. Nah bagi Anda yang ingin mencoba untuk menggunakan Custom ROM, di bawah ini terdapat beberapa Custom ROM Android terbaik 2015!

Berikut Custom ROM Android Terbaik 2015

MIUI

MIUI merupakan salah satu custom ROM yang memiliki desain tampilan yang indah dan simpel. MIUI memang sering dibandingkan dengan tampilan sistem operasi iOS milik Apple. Dengan tampilan dan desain yang cantik membuat MIUI yang merupakan sebuah custom ROM memiliki beban yang cukup berat, sehingga akan membebani RAM. Saat ini sudah banyak komunitas yang ingin sistem operasi ini tersedia melalui perangkat Android yang mereka gunakan. Oleh sebab itu hal ini juga membuat banyak versi MIUI yang tidak dibuat oleh para pengembang resmi MIUI.

CyanogenMod

CyanogenMod menjadi custom ROM berikutnya yang dapat menjadi alternatif berikutnya. Custom ROM ini terkenal dengan kecepatan update serta kestabilan saat digunakan. CyanogenMod sudah muncul cukup lama. Pada website mereka, CyanogenMod memberikan secara resmi mengenai daftar ponsel pintar yang kompatibel dengan menggunakan atau memasang custom ROM ini. Dengan begitu akan lebih aman ketika menggunakannya. Salah satu ciri khas yang dimiliki CyanogenMod adalah memiliki tampilan layaknya Android, tetapi tanpa aplikasi bawaan yang dapat memberatkan ponsel.

SlimRoms

Custom ROM berikutnya adalah SlimRoms. Jika MIUI membutuhkan daya RAM yang cukup besar, berbeda dengan SlimRoms yang membutuhkan RAM tak terlalu besar. Hal tersebut tentunya membuat custom ROM ini cukup ringan ketika dijalankan. Terdapat fitur seperti slimCenter pada pengaturan yang berfungsi untuk menghapus fitur yang kiranya kurang disukai.

Paranoid Android

Custom ROM Android terbaik berikutnya adalah Paranoid Android. Paranoid Android memiliki tampilan layaknya Android dengan berbagai fitur yang dimiliki. Fitur tersebut diantaranya adalah fitur Pie Control yang membuat pengguna melakukan navigasi dengan mudah, mengubah warna pada tiap aplikasi, mengganti mode antara tablet, phablet, dan smartphone, serta banyak lagi. Custom ROM ini dapat berjalan pada ponsel yang mempunyai spesifikasi hardware rendah.

Demikianlah tadi beberapa custom ROM Android terbaik yang dapat digunakan melalui perangkat Android, bagi Anda yang ingin mengetahui pengalaman yang berbeda. Baca juga artikel mengenai Kelebihan Android setelah di root.

Loading...