Ciri-Ciri RAM Bermasalah Pada Komputer

By Categories : Hardware

Kerusakan pada RAM (Random Acces Memory) pada komputer maupun laptop sering terjadi. Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan RAM bermasalah seperti faktor usia komputer. Faktor usia memang menentukan suatu barang untuk mengalami kerusakan, mengingat setiap barang elektronik memiliki batas penggunaan sampai komponen di dalamnya mengalami kerusakan.

Ciri-Ciri RAM Bermasalah Pada Komputer

Secara umum semakin besar kapasitas RAM maka semakin meringankan kinerja dari prosesor untuk menjalankan proses kerja sebuah komputer seperti bermain game sampai dengan video editing. Hal tersebut akan semakin ringan jika dikombinasikan dengan grafis eksternal. Saat ini memang banyak pengguna komputer yang melakukan upgrade RAM dan juga VGA. Namun perlu diketahui bahwa RAM bermasalah akan menimbulkan masalah pada komputer.

Berikur Ciri-ciri RAM Bermasalah pada Komputer

Kinerja Komputer Menjadi Lambat

Ciri-ciri ketika RAM komputer bermasalah yang pertama adalah kinerja komputer cenderung menjadi lambat. Hal ini tentu akan menurunkan performa kinerja dari komputer atau laptop yang Anda gunakan. Performa yang menurun dengan ditandai kinerja menjadi lambat akan menyebabkan aktivitas penggunaan kurang maksimal. Meskipun tidak selamanya seperti itu, tetapi masalah ini kerap terjadi. Oleh sebab itu jangan lupa menggunakan aplikasi cleaner setelah menggunakan perangkat Anda.

Sering Terjadi Blue Screen

Ciri-ciri RAM bermasalah yang kedua adalah sering terjadi Blue Screen pada komputer atau laptop Anda. Layar menjadi Blue Screen menandakan RAM pada perangkat Anda mengalami masalah. Namun tidak hanya ditandai dengan Blue Screen saja, melainkan juga ditandai dengan komputer sering mengalami restart sendiri.

Tidak Ada Tampilan pada Layar

Ciri RAM mengalami masalah selanjutnya adalah tidak ada tampilan pada layar. Untuk poin yang satu ini jika kondisi RAM benar-benar parah dan mengalami kerusakan. Biasanya ketika layar tidak mau tampil dalam kondisi gelap, tetapi kipas dan komponen pada komputer tetap berjalan seperti biasanya.

Terdapat Bunyi Beep

Bunyi beep panjang ketika komputer dihidupkan bisa menjadi ciri RAM Anda bermasalah. Selain suara beep panjang, beep berulang-ulang bisa menjadi ciri kalau RAM sedang bermasalah. Meskipun sepele, tetapi ciri ini sering dhiraukan para pengguna.

Sering Mengalami Hang

Ciri ini dapat Anda ketahui ketika Anda sedang menggunakan komputer. Selain kinerja menjadi lambat dan cenderung lambat, komputer sering mengalami hang juga menjadi ciri RAM komputer Anda mengalami masalah. Ketika komputer mengalami hang, maka cara lain adalah restart maupun masuk ke dalam Task Manager.

Lalu bagaimana cara mengatasi untuk RAM yang bermasalah? Terdapat banyak hal yang bisa dilakukan terhadap RAM yang bermasalah dengan menggunakan pertolongan sementara misalnya membersihkan pin pada bagian bawah RAM dengan menggunakan penghapus karet. Untuk cara yang satu ini Anda perlu menggunakan penghapus dengan permukaan bersih.  Setelah itu pindahkan posisi slot RAM ke slot lainnya, jika jumlah RAM hanya satu saja.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai ciri-ciri RAM bermasalah pada komputer yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel tentang Perbedaan RAM dan ROM.

Loading...