Ciri-Ciri Baterai Smartphone Bocor Perlu untuk Diganti

By Categories : Hardware

Permasalahan yang sering timbul pada smartphone biasaya adalah kapasitas baterai. Alasan utama para penggunanya beragam, namun yang paling banyak menjadi alasan adalah kecilnya kapasitas baterai yang dimiliki. Menyadari hal tersebut perusahaan smartphone berusaha memberikan inovasi baru terhadap smartphone besutan mereka dengan menghadirkan teknologi baru, termasuk kaspasitas baterai.

Untuk baterai smartphone dengan jenis Li-ion memang hanya dapat bertahan beberapa jam saja, tergantung dengan pemakaian. Namun dengan seiringnya waktu kualitas baterai yang dimiliki juga akan menurun, akibatnya adalah tidak optimal saat digunakan.

Ciri-Ciri Baterai Smartphone Bocor

Pada dasarnya smartphone dibagi menjadi dua untuk baterai yang bisa dilepas dan untuk yang tidak bisa dilepas. Salah satu keuntungan smartphone dengan baterai yang bisa dilepas adalah bisa diganti baterai baru, jika baterai lama yang digunakan sudah mengalami gangguan. Nah untuk itu Anda perlu mengetahui ciri-ciri bagaimana saja untuk baterai yang menurun akan kualitasnya? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Berikut Ciri-Ciri Baterai Smartphone Bocor

Mulai Sering Mengalami Panas yang Berlebih

Salah satu ciri-ciri baterai yang mengalami masalah adalah lebih sering mengalami panas berlebih. Ini dapat ditandai dengan ketika smartphone digenggam akan terasa panas pada bagian belakang. Adapun penyebab baterai panas adalah sering digunakan terlalu lama, akibatnya ketika baterai sering panas adalah baterai menjadi menggelembung dan cepat rusak.

Baterai akan Cepat Habis Walaupun Baru Selesai Diisi Daya

Ciri-ciri baterai smartphone bocor yang berikutnya adalah baterai akan mengalami kehabisan daya lebih cepat padahal baru di charge atau diisi ulang daya. Dengan adanya tanda tersebut kemungkinan besar kualitas baterai mengalami penurunan. Untuk menghindari hal tersebut dapat diatasi dengan cara mematikan atau menonaktifkan aplikasi yang kiranya dianggap kurang penting, selain itu Anda juga bisa menggantinya dengan baterai baru.

Baterai Menggelembung dari Ukuran Biasanya

Ciri yang satu ini dapat dilihat secara langsung yaitu baterai menggelembung dari ukuran normalnya. Dengan adanya tanda seperti baterai menggelembung bisa dipastikan bahwa baterai tersebut perlu untuk diganti. Adapun penyebab dari baterai menggelembung adalah akibat panas berlebih saat penggunaan terlalu lama, usia baterai tersebut, dan juga kualitas baterai yang dimiliki.

Timbulnya Percikan Api

Ciri-ciri baterai smartphone bocor yang terakhir adalah menimbulkan percikan api. Terdapat beberapa kejadian terhadap baterai yang meledak karena kerusakan yang ditimbulkan. Ketika baterai sudah sampai mengeluarkan percikan api atau asap, sebaiknya jangan terus digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut taruh ponsel Anda jauh dari bahan yang mudah terbakar. Di samping itu ganti baterai dengan kondisi baru merupakan alternatif lainnya.

Nah itulah tadi beberapa ciri-ciri baterai smartphone bocor yang perlu Anda ganti dengan baterai baru. Untuk lebih amannya, ketika baterai sudah berubah bentuk seperti menggelembung alangkah baiknya untuk segera menggantinya dengan baterai baru yang memiliki daya dan merk yang sama. Ini bertujuan untuk menghindari supaya baterai tidak meledak. Baca juga Tips menghemat baterai pada iOS.

Loading...