Cermat Memilih Kartu Memori

By Categories : Tekno

Kebutuhan akan peyimpanan data yang sekarang ini terus bertambah yang membuat para vendor kartu memori terus melakukan inovasi yang di harapkan bisa memecahkan persoalan tentang hal ini. Sekarang ini banyak ponsel mempunyai kapasitas minim akan memori internal, karena itulah kartu memori bisa membantu dalam hal ini. Apakah anda tahu kalau ternyata dari macam – macam kartu memori yang beredar di pasaran memiliki perbedaan jenis yang tidak sama dengan yang lain. Masing – masing kartu memori tersebut mempunyai spesifikasi lain dari yang lain yang membuat berbeda satu sama lain. Pada kali ini akan membahas tentang cermat memilih kartu memori yang sesuai dengan kebutuhan anda.

kartu memori

Bentuk kartu memori
Pada dasarnya anda harus tahu mengenai bentuk dari berbagai macam kartu memori. Salah satu contohnya adalah:
Sd card
Kartu ini sering di pakai di kamera DSLR maupun pada kamera digital. Mempunyai ukuran sekitar 32 x 24 x 2.1 mm.
Mini sd
Memori ini banyak digunakan oleh perangkat ponsel, tetapi sekarang ini jarang di temui pada ponsel – ponsel yang baru. Mempunyai ukuran 21.5 x 20 x 1.4 mm.
Micro sd
Untuk kartu memori yang ini mempunyai ukuran yang sangar kecil yakni 15 x 11 x 1 mm. kartu memori ini banyak terpasang di perangkat ponsel, tablet bahkan ada yang terpasang di kamera digital.

Perhatikan spesifikasi kartu memori
Sekarang ini terdapat 3 jenis kartu memori sd yang beredar di pasaran yakni SD,SDHC dan SDXC. Mempunyai perbedaan yang utama yang terletak pada penyimpanannya. Berikut contohnya:
SD (Secure Digital)
Hanya bisa memuat atau menyimoan sebanyak 2 GB.
SDHC (Secure Digital High Capacity)
Bisa menampung hingga dengan kapasitas data sampai 32 GB.
SDXC (Secure Digital Extended Capacity)
Kartu ini mempuyai kapastas penyimpanan data yang banyak sendiri yakni dari 32 GB sampai 2 TB.

Melihat kecepatan kartu memori
Kartu memori itu sendiri mempunyai jenis kecepatan yang berbeda – beda yang di klasifikasikan dengan mengunakan kode angka – angka. Berikut ini adalah kategori kecepatan kartu memori.

  • Kelas 2 : yaitu mempunyai kecepatan tuli maksimal 2 MB/s.
  • Kelas 4 : yaitu mempunyai kecepatan tuli maksimal 4 MB/s.
  • Kelas 6 : yaitu mempunyai kecepatan tuli maksimal 6 MB/s.
  • Kelas 10 : yaitu mempunyai kecepatan tuli maksimal 10 MB/s.

Pilih yang ada garansi resminya
Bila anda membeli kartu memori pastikan juga terdapat garansi resminya. Sebaiknya anda membeli kartu memori yang bermerek yang masih di jual dengan keadaan yang masih tersegel. Dan anda juga tidak perlu khawatir bila kartu memori anda rusak, karena sudah ada kartu garansinya dan anda pun juga merasakan nyaman.

Sesuaikan ukuran memori dengan kebutuhan
Hal ini sangatlah penting karena apabila anda seseorang yang suka menyimpan file – file anda sebaiknya harus membeli kartu memori dengan kapasitas yang besar, dan apabila anda tidak suka dengan menyimpan file anda sebaiknya membeli kartu memori dengan ukuran yang kecil.

Loading...