Cara Tips Memilih Flashdisk

By Categories : Hardware

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan dengan ukuran kecil yang sering digunakan kebanyakan orang karena kemudahannya. Semua data dapat dibawa pada benda kecil ini, sesuai dengan kapasitas yang dimiliki dari flashdisk tersebut. Saat ini barang elektronik ini semakin mudah untuk dicari dengan harga yang cukup relatif murah dibandingkan dengan beberapa tahun lalu.

Seperti barang elektronik lainnya, jika flashdisk tidak dirawat maka dapat mengakibatkan tidak terbaca oleh komputer, yang ujung-ujungnya mengalami kerusakan. Jika flashdisk sudah rusak, maka susah untuk diperbaiki. Oleh sebab itu pastikan Anda merawatnya dengan baik (Baca Juga Tips Menghindari Flashdisk Cepat Rusak).

Terkadang sebagian orang membeli flashdisk dengan harga murah akan langsung tertarik tanpa melihat atau membandingkan merk terlebih dahulu. Oleh sebab itu Anda perlu memperhatikan hal-hal sebelum membeli flashdisk, karena setiap merk flashdisk memiliki kualitas dalam ketahanan, maupun kecepatan dalam transfer data. Langsung saja, berikut ini adalah cara tips memilih flashdisk.

Cara Tips Memilih Flashdisk

Cara Tips Memilih Flashdisk

Memperhatikan Merk Flashdisk

Melihat merk merupakan bagian yang penting ketika Anda akan membeli flashdisk. Setiap merk flashdisk biasanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saat ini memang banyak merk flashdisk yang ada di pasaran dengan menawarkan aneka kapasitas dengan harga yang tidak terlalu mahal. Adapun merk flashdisk yang terkenal akan kualitasnya seperti Sandisk, Toshiba, Kingston, dan masih banyak merk lainnya.

Melihat Kecepatan Transfer Data

Kecepatan transfer data adalah bagian yang penting dalam flashdisk. Karena pada umumnya setiap orang tentu menginginkan kecepatan yang baik saat meng-copy- paste data melalui komputer ke flashdisk. Perlu diingat setiap flashdisk memiliki kualitas yang berbeda dalam hal kecepatan transfer data. Bagi Anda yang menginginkan kecepatan dalam transfer data, Anda dapat memilih merk Sandisk. Merk tersebut sudah terkenal dengan kualitas kecepatannya.

Bahan dan juga Bentuk Casing Flashdisk

Yang perlu Anda perhatikan berikutnya dalam memilih flashdisk adalah bentuk dan juga bahan pada casing flashdisk tersebut. Pastikan ukuran casing jangan terlalu besar dan juga jangan terlalu kecil, sebaiknya Anda memilih flashdisk dengan ukuran ramping. Pada umumnya flashdisk dengan ukuran ramping mudah untuk dibawa dan digunakan pada port USB laptop atau PC.

Penutup Flashdisk

Bagian penutup pada flashdisk juga perlu diperhatikan, karena kebanyakan orang kehilangan tutup flashdisk. Selain permasalahan tersebut, terjadi pula masalah lainnya seperti tutup menjadi longgar akibat dibuka dan ditutup. Nah untuk menghindari permasalahan tersebut sebaiknya Anda memilih flashdisk yang penutupnya terhubung langsung dengan flashdisk tersebut.

Kapasitas Sesuaikan Kebutuhan

Untuk kapasitas Anda dapat menyesuaikan kebutuhan yang Anda miliki. Jika untuk sekedar menyimpan file-file berupa dokumen, ukuran flashdisk 4 dan 8GB sudah cukup. Namun bagi Anda yang membutuhkan untuk meng-copy file dalam ukuran besar seperti game, atau juga film kapasitas 16GB sangat cocok. Saat ini harga flashdisk cukup terjangkau, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki.

Demikianlah pembahasan mengenai cara tips memilih flashdisk yang dapat dijadikan sebagai referensi pembelian. Baca juga artikel Perbedaan Harddisk dengan SSD

Loading...