Dengan adanya perkembangan teknologi sekarang banyak sekali gadget yang beredar telah menggunakan layar sentuh. Keunggulan menggunakan layar sentuh adalah mempermudah si pengguna agar dapat mengoprasikan ponsel pintar dengan maksimal. Sekarang kita tidak butuh pencet tombol lagi.

Tips Merawat Smartphone
Akan tetapi kita harus dapat merawatnya dengan baik. Bila kita tidak menjaga smartphone dengan baik pada dari waktu ke waktu akan cepat rusak.

Berikut ini adalah cara merawat smartphone :

Menggunakan case / pelindung belakang
Ini adalah merupakan langkah yang baik karena kalau smartphone anda mengalami insiden jatuh casenya dapat melindungi casing atau body smartphone anda sehingga bodynya tidak cepat tergores atau tahan lama dan tidak cepat rusak. Bila kepingin aman lagi gunakanlah leathet case yang dapat melindungi depan hingga belakang smartphone anda.

Memberikan screen protector / anti gores
Ini adalah merupakan hal yang penting agar smartphone terhindar dari goresan benda – benda tajam dan bila kita menggunakan layar sentuh biar tidak ada goresan biar layar sentuh menjadi lebih awet.

Jauhkan dari magnet
Sebaiknya smartphone anda kepingin awet anda harus menjauhkan smartphone dari benda – benda yang terdapat daya magnet, karena magnet itu sendiri dapat merusak fungsi dari smartphone itu sendiri contohnya dapat merusak layar, accelerometer, dan lain – lain.

Hindari sinar matahari
Anda harus menghindari sinar matahari karena layar LCD yang ada di smartphone bisa rusak karena radiasi matahari. Jika anda menggunkan smartphone di bawah sinar matahari sebaiknya lindungi smartphone anda dengan menundukan kepala supaya layar smartphone bisa terlindungi atau dengan cara anda sendiri yang lebih kreatif.

Gunakan dengan tanpa beban yang berlebihan dan tekanan
Mempunyai arti yaitu ketika menggunakan layar sentuh maka layar tersebut jangan di tekan secara berlebihan, atau menggunakannya dengan menyentuh permukaan layar dengan mengetuk ringan dengan jari.

Jangan selalu mengecharge
Kita tidak boleh sering mengercharge smartphone karena baterai terdapat life charging yang dapat menghitung charging baterai. Normalnya baterai biasanya Cuma 300 kali. Bila anda sering mencharge baterai smartphone maka otomatis umur baterainyapun akan semakin pendek. Dan pastinya bila anda mau melakukan charger baterai sebaiknya tegangan listrik sudah berada di bawah 20 persen, apabila masih di atas 20 persen jangan di charge dulu karena baterai sangat lemah saat tenaganya di bawah 20%.

Memeriksa spam di file manager
Pastikan apabila kita telah selesai menggunakannya kita harus menghapus file spam, karena data spam itu sendiri dapat mempengaruhi kinerja smartphone itu sendiri. Data spam yang terlalu banyak sehingga menumpuk jika di biarkan akan menambah kapasitas pada memori internal dan eksternal. Apabila memory internal maupun eksternal anda sudah penuh ini akan dapat menjadikan smartphone anda semakin lelet dan menurun. Dan sebaiknya kita menginstall aplikasi RAM cleaner, Cache cleaner dll supaya smartphone kita dapat bekerja secara optimal dan lancar.