Cara Merawat Power Bank Agar Awet

By Categories : Tekno

Power bank menjadi sebuah aksesoris untuk smartphone yang wajib untuk dimiliki. Dengan adanya power bank para pengguna smartphone tak perlu khawatir karena kehabisan daya saat berada di luar, mengingat fungsi power bank sebagai media pengisian daya baterai. Sama halnya dengan perangkat elektronik lainnya, power bank juga membutuhkan perawatan yang benar agar tetap awet untuk digunakan.

Pastinya Anda tidak mau power bank Anda rusak dan tidak bisa digunakan. Selain perawatan, dalam pembelian Anda juga perlu memperhatikannya. Pilihlan power bank dengan merk yang sudah terkenal di pasaran, serta jangan lupa untuk memperhatikan asli atau palsu power bank yang Anda beli.

Cara Merawat Power Bank

Saat ini memang banyak power bank palsu yang beredar di pasaran, sehingga perlu cara untuk membedakan mana yang asli dan palsu. Untuk itu membeli power bank di toko resmi merupakan cara yang tepat. Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara merawat power bank yang benar? Yuk ikuti pembahasannya di bawah ini!

Berikut Cara Merawat Power Bank yang Benar

Memperhatikan Waktu Pengisian

Seperti pada smartphone, ketika baterai di isi daya semalaman atau dengan waktu yang lama akan mengakibatkan penurunan kualitas. Usahakan untuk mengisi power bank sampai penuh agar bisa digunakan secara maksimal. Di samping itu jangan lupa untuk segera mencabut kabel pengisian daya pada power bank, ketika lampu indikator sudah menyala semua. Pada umumnya pengisian daya yang berlebih dapat memperpendek umur dari power bank dan tentunya akan mengurangi kualitas.

Menghindari Suhu Panas dan Dingin

Cara merawat power bank yang berikutnya adalah dengan menghindari suhu yang panas dan suhu yang terlalu dingin. Barang elektronik rentan akan suhu terlalu panas atau suhu dingin. Oleh sebab itu usahakan jangan letakkan power bank di tempat dengan suhu yang panas, seperti diletakkan di tempat panas terkena terik sinar matahari. Selain itu jangan simpan power bank di tempat yang terlalu lembab. Anda bisa membeli case khusus untuk power bank.

Menjauhkan Power Bank dari Barang Elektronik Lainnya

Yang dimaksud untuk poin ini adalah jauhkan power bank dari barang elektronil lainnya seperti televisi, kulkas, dan barang elektronik lainnya. Ini dikarenakan ketika power bank diletakkan di benda-benda tadi maka gelombang elektronik akan saling bertabrakan, akibatnya adalah akan terjadi penurunan kinerja, serta menimbulkan kerusakan pada power bank dalam jangka waktu lama.

Jangan Sampai Terjatuh

Untuk cara yang satu ini tentu semua orang menyadarinya. Barang elektronik seperti handphone, power bank, laptop, kamera, dan lainnya rentan sekali terhadap yang namanya jatuh. Ketika terkena benturan keras, komponen baterai pada power bank akan mengalami penurunan. Untuk mencegah power bank jatuh saat digunakan, Anda bisa membeli sarung pelindung khusus untuk power bank.

Demikianlah tadi beberapa cara merawat power bank agar awet. Selain cara di atas jangan lupa untuk menggunakan secara bijak, serta jangan sampai juga power bank terkena atau masuk ke dalam air. Baca juga artikel lainnya mengenai Tips memilih power bank.

Loading...