Cara Merawat Laptop Agar Awet

By Categories : Hardware

Jika tadi sudah membahas mengenai cara merawat baterai laptop, sekarang ini membahas cara merawat laptop agar awet. Bagi anda yang membutuhkan tips dalam merawat laptop, dengan membaca artikel ini ada langkah yang tepat. Sekarang ini laptop sudah populer dalam kalangan masyarakat. Alasan banyak orang menggunakan laptop adalah karena mudah untuk di bawa ke mana-mana dan praktis.

Berbagai pekerjaan dapat di selesaikan dengan menggunakan bantuan laptop seperti mengetik tugas sekolah, membuat laporan harian kantoran, dan lain sebagainya. Namun dari sekian banyak orang yang tidak mengerti cara penggunaan dan perawatan pada laptop. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi kinerja laptop sehingga akan merugikan pengguna di kemudian hari. Berikut ini adalah tips yang dapat anda baca, agar laptop anda awet dan terhindar dari kerusakan.

cara merawat laptop

Cara Merawat Laptop Agar Awet

Menggunakan Laptop ditempat yang Sesuai

Saat penggunaan laptop anda perlu memperhatikan tempat saat meletakkannya. Kebanyakan orang menggunakan laptop di atas kasur, padahal hal ini justru dapat merusak bagian motherboard laptop. Hal ini di karenakan panas yang ada di dalam laptop tidak mampu keluar karena permukaan sirkulasi udara pada laptop tertutup oleh kasur. Jadi jika anda ingin memainkan laptop  di atas kasur alangkah baiknya jika menggunakan buku tebal sebagai alasnya.

Merawat Baterai Laptop

Merawat baterai laptop merupakan cara merawat laptop berikutnya. kita mengetahui bahwa baterai adalah komponen yang diperlukan pada laptop. Baterai yang sehat akan membuat laptop dapat bertahan lama saat di gunakan. Oleh karena itu menjaga dan merawat baterai adalah langkah yang baik dalam merawat laptop. Baca Juga Artikel Pemuda Sukses Pendiri Jejaring Sosial

Menghindari Getaran Elektromagnetik

Saat sedang menggunakan laptop, anda sebaiknya menjauhkan ponsel atau gadget anda dari laptop. Karena getaran elektromagnetik yang di sebabkan oleh gadget, ponsel, serta alat lainnya dapat mengganggu kualitas laptop dalam jangkau waktu yang lama.

Cara Penyimpanan Laptop

Cara merawat laptop berikutnya adalah dengan cara memperhatikan penyimpanan laptop. Jika laptop anda tidak anda gunakan dalam jangkau waktu yang lama, alangkah baiknya jika anda melepas baterai laptop anda. Karena jika baterai laptop berada di dalam laptop jangka waktu yang lama akan mengakibatkan kerusakan pada baterai. Simpan baterai di tempat yang kering dan terhindar dari suhu panas agar tetap tahan lama.

Membersihkan Keyboard secara Berkala

Keyboard adalah bagian laptop yang paling rawan kotor entah itu dari jari tangan, pecahan roti, debu, serta kotoran lainnya. Anda dapat membersihkan keyboard dengan cara menggunakan kuasi kecil dan bersihkan pada sela-sela keyboard anda. Di samping itu anda juga dapat menggunakan vacum cleaner portable untuk menyedot debu dalam laptop.

Jangan Melepas Baterai Sambil Cas

Banyak orang tidak mengetahui bahwa nge-cas tanpa baterai akan mempengaruhi motherboard laptop. Alasan orang adalah agar baterai pada laptop awet dan tahan lama. hal tersebut memang benar, namun sebaiknya jangan melakukan hal tersebut karena arus listrik secara langsung akan mengalir ke motherboard  dan dpaat merusak komponen di dalamnya. Jika anda ingin baterai laptop anda awet maka matikan dahulu laptop dengan mengisi daya lalu hidupkan setelah penuh.

Jangan Menginstal File Sembarangan

Menginstal file sembarangan akan membuat laptop anda menjadi lambat dalam prosesnya. Harddisk saat ini mempunyai kapasitas yang cukup besar, sehingga membuat pengguna dapat mengisntal aplikasi apa saja ke dalam laptop. Dalam hal ini anda harus memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan agar tidak menjadi sampah di laptop. Perlu di ingat ketika anda menginstal sesuatu teliti dahulu centang pada aplikasi tersebut, biasanya ada aplikasi bawaan yang ikut serta di install. Nah itulah cara merawat laptop agar awet dan tahan lama. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel Game Perang Terpopuler 2014 dengan Grafis Terbaik

Loading...