Cara Merawat Komputer Agar Awet

By Categories : Hardware

Bagi Anda yang sering mengerjakan tugas, atau kegiatan lain dengan menggunakan komputer di rumah, pasti Anda ingin komputer agar awet dan tidak cepat rusak. Hampir sama dengan cara merawat laptop, namun untuk perawatan pada komputer lebih mendetail lagi. Untuk merawat laptop memang cukup mudah, karena laptop mudah untuk dibawa. Seperti yang kita ketahui jika barang elektronik mengalami kerusakan maka kita sebagai pengguna harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit.

Oleh sebab itu perawatan menjadi langkah yang tepat untuk mengurangi resiko kerusakan terjadi, meskipun tidak selamanya awet karena semua barang tentu memiliki umur. Untuk itu bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana saja cara merawat komputer agar awet dengan benar? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

cara merawat komputer agar awet

Cara Merawat Komputer Agar Awet

Membersihkan CPU Komputer

Jika komputer Anda ingin awet dan tidak cepat panas, maka sebaiknya bersihkan komputer Anda. Proses pembersihan dapat dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan sekali. Karena jika tidak dibersihkan debu dan kotoran akan menempel dan mengakibatkan hardware mudah panas, sehingga dapat menimbulkan kerusakan. Caranya dengan membuka casing pada komputer terlebih dahulu, kemudian bersihkan debu yang ada pada motherboard dan komponen lainnya dengan menggunakan sikat yang halus.

Jangan Menggunakan Internet Saat Hujan Deras

Bagi Anda yang menggunakan koneksi internet pada komputer Anda sebaiknya jangan menggunakannya ketika hujan sedang deras atau lebat. Biasanya sebuah koneksi atau jaringan internet sangat peka terhadap cuaca. Ini dikhawatirkan ketika Anda menggunakan jaringan internet pada komputer, dapat mengakibatkan jaringan internet tersambar komputer. Hal tersebut dapat berakibat buruk bagi komputer Anda, dan juga koneksi internet. Akibatnya Anda harus menghubungi provider jaringan internet yang Anda gunakan untuk membetulkan.

Mematikan Komputer dengan Aturan

Cara merawat komputer agar awet yang berikutnya adalah dengan cara mematikan sesuai dengan prosedur yang benar yaitu shutdown. Hal ini terlihat sepele, namun jika Anda tidak mematikan dengan langkah yang benar maka lama-kelamaan dapat mengakibatkan kerusakan yang bisa terjadi pada hardware komputer. Selain itu jangan lupa gunakan stavolt untuk menghindari ketika tiba-tiba listrik mati.

Defrag Harddisk pada Komputer

Sama seperti pada laptop, proses defrag juga dilakukan pada PC atau komputer. Cara ini bertujuan agar harddisk awet dan mencegah terjadinya bad sector. Proses defrag sendiri adalah menata ulang ruang yang ada di dalam harddisk, setelah pemakaian berlangsung. Untuk proses melakukan harddisk sebaiknya dilakukan secara berkala setiap 2 bulan sekai, atau juga 1 bulan sekali.

Melakukan Scan Virus secara Berkala

Virus dapat mengancam perangkat mobile, serta komputer. Akibat terifeksi virus, maka perangkat seperti komputer akan terhambat dalam proses kinerjanya seperti menjadi lemot, bahkan sampai kehilangan atau pencurian data. Untuk menghindari hal tersebut pilihlah AntiVirus terbaik untuk PC, serta lakukan proses scan setiap satu minggu sekali atau lakukan juga ketika terdapat USB yang terhubung. Jangan lupa untuk meng-updatenya secara rutin.

Demikianlah pembahasan mengenai cara merawat komputer agar awet, adapula cara lainnya seperti menjauhkan benda yang memiliki medan magnet, jangan sampai terkena air, menghapus aplikasi yang tidak dipakai, serta jangan menginstal aplikasi yang tidak jelas. Baca juga artikel Cara Mengatasi Malware di Android

Loading...