Cara Merawat Baterai Tablet

By Categories : Hardware

Baterai merupakan salah satu komponen penting yang terdapat pada perangkat elektronik. Dapat dikatakan tidak ada baterai maka perangkat tersebut tidap dapat digunakan. Baterai berfungsi untuk memberikan daya untuk menghidupkan perangkat elektronik. Karena apabila baterai rusak, maka akan mengganggu alat itu sendiri bahkan dapat berakibat fatal yaitu perangkat tersebut tidak dapat hidup. Namun kebanyakan orang menghiraukan akan penggunaan yang mengakibatkan kerusakan pada tablet. Lalu bagaimana cara merawat baterai tablet agar tetap awet? Jawabannya terdapat pada ulasan dibawah ini.

cara merawat baterai tablet

Cara Merawat Baterai Tablet

Menggunakan Dalam Kondisi Baterai Full

Cara merawat baterai tablet yang pertama adalah menggunakannya dalam kondisi baterai full. Hal ini dalam arti menggunakan tablet Anda lebih baik dalam kondisi full, karena bila Anda memaksakan baterai Anda dalam kondisi seikit atau low bat maka dapat mengakibatkan kerusakan pada baterai tablet Anda dalam jangkau waktu yang lama. Atau dapat dibilang hindarilah low bat secara berlebihan.

Menjaga Temperatur Baterai

Permasalahan utama pada baterai adalah biasanya menggelembung , sehingga dapat mengakibatkan kinerja dari baterai. Hal ini dikarenakan baterai yang mengalami panas yang berlebih akibat suhu panas dan terlalu lama untuk mengisi daya. Nah untuk itu Anda perlu waspada dalam melakukan pengisian daya, jika baterai dalam keadaan penuh maka langsung mencabut pengisian daya untuk menghindari hal tersebut.

Menggunakan Aplikasi Saver

Untuk pengguna gadget seperti tablet, Anda dapat menggunakan aplikasi penghemat baterai. Apalagi aplikasi ini banyak ragam yang dapat Anda unduh melalui Google Play Store untuk pengguna Android. Aplikasi penghemat baterai ini bertujuan untuk meminimalkan agar baterai tidak cepat habis, selain itu juga memberikan peringatan jika baterai sudah penuh, serta menolak pengisian daya ketika baterai panas. Nah bagaimana tertarik untuk mengunduhnya?

Mematikan Saat Mengisi Daya Tablet

Cara merawat baterai tablet berikutnya adalah dengan cara mematikan tablet saat melakukan pengisian daya. Hal ini terlihat sederhana, namun Anda tetap harus memperhatikannya. Penggunaan tablet saat pengisian daya berlangsung dapat merusak komponen tablet di dalamnya. Untuk mengatasi hal tersebut, usahakan untuk mematikan terlebih dahulu tablet Anda saat pengisian daya berlangsung.

Mengatur Pencahayaan

Cahaya yang terang memang akan terlihat jelas dan lebih terang. Namun hal tersebut juga dapat mempengaruhi baterai Anda akan cepat habis, dan juga cepat panas. Solusinya adalah turunkan tingkat pencahayaan lebih rendah, agar baterai lebih tahan lama dan tetap awet. Selain itu menurunkan tingkat pencahayaan juga dapat mengurangi resiko suhu panas yang berlebih pada baterai.Baca juga Tablet Tertipis di Dunia

Menutup Aplikasi yang Tidak Dipakai

Pada saat menggunakan tablet biasanya aplikasi yang sudah tertutup masih ada, sehingga kita masih dapat menggunakan lagi. Jadi udahakan untuk menutup aplikasi yang sudah tidak terpakai untuk menghindari pemborosan pada baterai.

Nah itulah beberapa cara merawat baterai tablet agar tetap awet dan tentunya dapat bertahan lebih lama dalam bekerja. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel Software Utility Terbaik

Loading...