Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet

By Categories : Hardware

Mungkin kita sering melihat baterai laptop entah itu milik teman atau saudara yang mengalami kerusakan seperti cepat nge-drop dan lain sebagainya. Masalah yang banyak di temukan pada pengguna laptop biasanya adalah pemakaian baterai yang tidak tahan lama, dan tentu saja membuat pengguna jengkel ketika harus nge-cas laptop saat di gunakan.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kinerja grafis yang tinggi, jumlah RAM yang besar, Kecepatan CPU, dan lan sebagainya yang tentunya membutuhkan banyak daya. Masalah ini sangat disadari oleh perusahaan laptop, sehingga mereka terus mengembangkan inovasi untuk mendapatkan daya yang lebih lama saat pemakaian. Saat ini sudah ada baterai pada laptop yang mampu bertahan lama, tentunya anda akan merogoh dana yang lebih besar untuk mendapatkan laptop tersebut.

Di samping itu untuk anda yang mempunyai laptop standart, anda juga dpaat melakukan perawatan dan penggunaan yang benar agar baterai laptop anda tahan lama. Berikut ini adalah cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama yang sudah di rangkum dari berbagai sumber.

cara merawat baterai laptop

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet

Mengisi Daya Sesuai Lampu Indikator

Untuk pembelian laptop baru biasanya baterai laptop hanya terisi daya sedikit dan bahkan kosong. Oleh sebab itu anda perlu mengisi ulang daya baterai selama 4-8 jam dalam keadaan laptop mati. Jika lampu indikasi laptop sudah berubah warna menjadi hijau, maka anda tinggal melepaskan kabel cas pada laptop anda.

Jangan Terlalu Lama Menjalankan Game Berat Sambil Mengisi Daya

Cara merawat baterai laptop yang berikutnya√ā¬†adalah jangan terlalu lama bermain game dengan kondisi laptop menyala sambil mengisi daya. Hal ini memang tidak berdampak langsung, tetapi jika anda melakukan hal tersebut terus menerus maka kinerja baterai anda akan berkurang. Akibatnya daya baterai anda akan cepat habis ketika anda pakai. Solusinya adalah ketika bermain game berat jangan terlalu lama, dan jika bisa jangan sambil mengisi daya. Baca Juga Aplikasi Pemutar Musik PC

Mematikan Bluetooth dan WiFi

Mematikan Bluetooth dan WiFi ketika tidak di gunakan. Ketika anda menonton film serta mengerjakan tugas yang tak membutuhkan koneksi internet atau bluetooh, sebaiknya anda mematikan perangkat nirkabel. Hal tersebut akan membantu anda dalam menghemat daya baterai, karena Bluetooth dan WiFi tanpa anda sadari akan menguras baterai. Apalagi jika fitur WiFi anda aktif ditempat yang tak ada sinyal.

Memerika Progam Aktif pada Start-Up

Cara merawat baterai laptop selanjutnya adalah dengan memeriksa progam yang aktif pada start-up. Progam aktif yang tak perlu anda gunakan lebih baik anda mematikannya, mengingat program yang terlalu banyak pada start-up membutuhkan daya yang cukup besar. Selain itu hal tersebut juga membutuhkan memori virtual banyak yang menggunakan akses harddisk.

Mengatur Kecerahan Layar Monitor

Mengatur kecerahan layar monitor juga merupakan cara menjaga baterai laptop. Sesuaikan kecerahan monitor laptop dan jangan berlebihan. Kecerahan layar mempengaruhi daya baterai, sehingga semakin terang kecerahan layar, maka semakin banyak konsumsi daya baterai yang di butuhkan pada laptop anda.

Usahakan Baterai Jangan Habis Sampai 0 %

Jika baterai sampai habis mencapai angka 0 % maka lama-kelamaan akan mengurangi kinerja dari baterai tersebut dan akan merusaknya dalam jangkau waktu tertentu. Sehingga alangkah baiknya jika anda mengusahakan mengisi daya baterai ketika terdapat peringatan baterai mencapai angka sekian persen.

Nah itulah beberapa cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama. Sekian dan semoga bermanfaat. Baca juga cara Tips Menghemat Baterai Android

Loading...