Cara Menyembunyikan File atau Folder di PC

By Categories : Software

Setelah pada pembahasan kemarin membahas mengenai beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk, pada pembahasan kali ii membahas mengenai beberapa cara menyembunyikan file atau folder di PC. Dengan mengetahui cara-cara menyembunyikan file beserta foldernya pengguna maka privasi akan lebih terjaga, terlebih lagi file yang disembunyikan bersifat penting atau hanya kita yang wajib mengetahui file tersebut.

Selain memberikan password pada laptop atau PC, menyembunyikan file terkadang juga perlu dilakukan untuk melindungi data-data. Nah lalu bagaimana cara melindungi file atau folder dengan cara menyembunyikannya? Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara menyembunyikan file atau folder di PC, simak pembahasannya di bawah ini!

Cara Menyembunyikan File atau Folder di PC

Berikut Cara Menyembunyikan File atau Folder di PC

Untuk menyembunyikan file atau folder di PC terdapat dua cara yang dapat Anda pilih apakah menggunakan cara simpel atau menggunakan super hidden yang tentunya lebih aman dan terjaga. Untuk super hidden sendiri akan menggunakan “Command Prompt” atau disebut dengan CMD. Nah untuk cara menyembunyikan file tanpa “Command Promt atau CMD” adalah sebagai berikut :

  • Langkah yang pertama untuk menyembunyikan file adalah dengan memilih file atau folder yang akan disembunyikan. Misal saja folder yang akan Anda sembunyikan berada di Local Disk D, maka klik folder terlebih dahulu.
  • Setelah memilih folder yang akan disembunyikan, langkah berikutnya adalah dengan klik View yang ada di Toolbar -> Option -> Change Folder and Search Option -> View untuk Windows 8. Sementara untuk Windows 7 klik Organize yang ada di Toolbar -> Folder and Search Option -> View.
  • Setelah muncul langkah selanjutnya adalah dengan klik pada bagian Hidden files, folder, and driver. Pada bagian ini akan tersedia dua pilihan “Don’t Show dan Show Hidden”. Untuk “Don’t Show” berfungsi menyembunyikan file, sementara untuk “Show Hidden” berfungsi untuk menampilkan kembali file yang disembunyikan. Nah untuk proses menyembunyikan pilih dan centang “ Don’t Show”.
  • Setelah mengikuti langkah di atas, maka file di dalam folder akan terlihat lebih transparan. Langkah yang dilakukan belum selesai. Untuk langkah yang terakhir adalah dengan klik kanan folder tersebut lalu pilih properties. Setelah muncul pilih Generals kemudian centang kolom Hidden dan klik Apply dan OK. Dengan cara ini folder yang Anda sembunyikan file dalam sekejap dan bisa dimunculkan sesuai keinginan Anda.

Cara dengan Command Prompt, buka terlebih dahulu CMD, setelah itu klik direktori folder yang akan Anda sembunyikan. Sebagai contoh jika terdapat di Local Disk D maka yang perlu Anda ketikkan di “Command Promt” -> “D:” enter (tanpa menggunakan tanda petik).

Setelah masuk ke direktori tempat folder yang disembunyikan ketikan perintah “ +s +h +r *.* /s / d” (tanpa menggunakan tanda petik dan harus menggunakan spasi). Sementara untuk mengembalikan file ketikan perintah sebagai berikut “ –s –h –r *.* /s /d” (tanpa menggunakan tanda petik dan harus menggunakan spasi).

Demikian tadi pembahasan mengenai cara menyembuntikan file atau folder di PC yang dapat Anda coba. Baca Juga Aplikasi Penghasil Uang untuk Android

Loading...