Cara Menjaga Keamanan Akun Facebook

By Categories : Internet

Kalau anda masing bingung bagaimana tips menjaga keamanan akun facebook, berikut ini adalah cara menjaganya :

Cara Menjaga Keamanan Akun Facebook

Gunakan kata sandi yang berbeda dengan akun email
Hal ini harus kita bedakan, mana kata sandi facebook dan mana kata sandi email. Mengapa harus berbeda? Ini merupakan cara mengamankan akun dari serangan orang yang tidak bertanggung jawab, hal tersebut untuk menghindari akun di bajak. Apabila kata sandi facebook dan kata sandi email sama maka hacker dapat leluasa membajak facebook anda. Mengapa harus berbeda? Berikut ini alasannya ketika akun anda di bajak oleh orang lain, anda masih bisa memulihkan melalui email anda yang digunakan ketika anda mendaftarkan di facebook. Dijamin akun facebook akan bakal kembali de tangan anda. Yang perlu di perhatikan adalah ketika anda mendaftar di facebook bila memakai email yang sembarangan dan tidak melakukan verifikasi email, facebook anda tidak akan tertolong kalau anda lupa dengan email, kata sandi email dan pertanyaan keamanan bila lupa kata sandi.

Hindari penyimpanan data pada browser
Anda pasti akan di ingatkan perintah untuk penyimpan username dan kata sandi oleh browser ketika melakukan login di facebook. Cara yang terbaik adalah dengan cara menghindarinya yakni dengan mengabaikan saja perintah tersebut. Ini supaya dilakukan untuk menghindari penyimpanan kata sandi pada browser, dari data – data penyimpanan tersebut seseorang bisa melakukan pembajakan facebook anda.

Menghindari kunjungan situs yang mencurigakan
Ini adalah hal penting yang harus di perhatikan oleh anda karena dengan cara ini adalah merupakan serangan alternatif lain untuk dapat membajak akun facebook anda. Hal ini biasanya disebut dengan direct akses tau biasa disebut dengan pengalihan link ke situs lain, biasanya berisi pesan yang menarik yang membuat anda ingin mengeklik link tersebut. Waspada dengan link yang anda tuju tersebut karena akan nada perintah untuk meminta memasukkan lagi username dan kata sandi facebook. Sebaiknya anda mengecek dahulu dibagian address bar apakah menuju pada www.facebook.com atau dengan URL yang lainnya. Apabila URL tesebut bukan merupakan alamat asli facebook maka sebaiknya hindarilah untuk melakukan login ulang. Trik ini biasanya disebut dengan phising wesite. Tidak Cuma phising wesite tetapi link tersebut juga menagandung virus yang dapat mencuri data dari browser anda.

Hindari download dan install software sembarangan
Memang manusia mempunyai sifat penasaran yang tinggi, terkadang semau apapun pasti kan dilakukan termasuk juga download dan install software seabarangan. Misalnya anda penasaran dengan aplikasi hack facebook maka anda akan mendownload dan menginstall aplikasi tersebut. Ini adalah merupakan akal si hacker dengan membuat aplikasi pembobol facebook padahal aplikasi tersebut alat untuk mengirimkan data melalui email SMTP dengan port 587. Atau parahnya adalah di dalam aplikasi tersebut sudah dibenamkannya keylogger. Ini adalah hal yang paling bahaya, niatnya ingin membobol facebook orang lain,eh malah facebook sendiri yang di bobol.

Loading...