Cara Menghilangkan Virus dan Malware pada Komputer

By Categories : Internet

Virus pada komputer beserta jenisnya tentu sangat berbahaya bagi perangkat seperti PC ataupun perangkat mobile. Pasalnya jika sudah terinfeksi oleh virus dapat menyebabkan hal-hal merugikan yang disebabkan oleh pihak yang kurang bertanggung jawab misal resiko terjadinya pencurian data. Oleh sebab itu untuk mencegah terjadinya virus, malware, atau sejenisnya sebaiknya diperlukan langkah penanganan seperti menggunakan antivirus.

Dengan menggunakan antivirus perangkat PC maupun mobile yang Anda gunakan lebih terlindungi dari infeksi bahaya virus, malware dan sejenisnya. Tanda-tanda yang disebabkan jika komputer sudah terinfeksi virus di antaranya seperti komputer akan terasa lambat, komputer akan sering mengalami not responding atau hang, beberapa file tak bisa dibuka, munculnya file nama aneh padahal Anda tidak pernah membuat file tersebut, sampai dengan kehilangan data yang dapat disebabkan oleh virus.

Cara Menghilangkan Virus

Lalu pertanyaannya bagaimana cara menghilangkan virus pada komputer? Untuk menghilangkannya memang membutuhkan sedikit proses yang dilakukan agar virus benar-benar hilang pada komputer Anda. Resiko yang biasanya timbul untuk virus hilang dari komputer adalah kehilangan beberapa data yang telah terinfeksi oleh virus. Nah untuk Anda yang ingin mengetahuinya simak ulasannya di bawah ini!

Berikut Cara Menghilangkan Virus dan Malware pada Komputer

Gunakan Norman Malware Cleaner

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan virus, malware pada komputer yang sudah terlanjur masuk ke dalam komputer Anda adalah dengan menggunakan aplikasi yang bernama Norman Malware Cleaner. Aplikasi ini dapat Anda unduh langsung melalui situs penyedia aplikasi di internet. Norman Malware Cleaner merupakan aplikasi yang dapat membersihkan malware atau sejenisnya yang terlanjur masuk ke dalam komputer Anda.

Untuk mengunduh aplikasi ini pastikan pada versi terbarunya agar kinerja lebih maksimal. Untuk menggunakan Norman Malware Cleaner, Anda perlu masuk ke dalam Windows Safe Mode. Untuk masuk ke dalam Safe Mode data Anda lakukan dengan merestart komputer Anda kemudian jangan lupa tekan F8, sehingga akan muncul tampilan Windows Boot Option lalu pilih Windows Safe Mode.

Aplikasi Norman Malware Cleaner tak perlu diinstal alias portable, setelah masuk ke dalam safe mode barulah buka aplikasi tersebut dan lakukan pembersihan secara menyeluruh. Norman Malware Cleaner akan mendeteksi malware ataupun virus yang masuk ke dalam komputer Anda.

Bersihkan System Restore

Agar virus tidak menginfeksi pada system restore, cara menghilangkan virus berikutnya Anda perlu melakukan pembersihan pada system restore. Untuk caranya klik menu kemudian all program lalu pilih accessoris lalu system tools setelah itu pilik disk cleanup. Kemudian pilihlah partisi yang akan dibersihkan seperti Drive C. Klik pada tab more option bagian kanan dan pilih system restore kemudian klik tombol clean up dan kemudian klik tombol delete.

Gunakan Antivirus

Untuk cara yang terakhir Anda dapat menggunakan antivirus seperti Avira, Avast, Norton, ESET NOD32, dan antivirus lainnya dengan cara melakukan proses full scan seperti biasa untuk membersihkan sisa-sisa yang mungkin masih terdapat di dalamnya.

Antivirus Terbaik 2016

Ada beberapa antivirus terbaik baik yang dapat Anda pilih untuk mencegah virus menyerang perangkat Anda. Berikut diantaranya.

  • 360 Total Security

Antivirus ini berasal dari Tiongkok dan diciptakan oleh Qihoo. Dari tahun ke tahun antivirus ini mengalami perubahan yang signifikan, mulai dari tampilan yang lebih modern hingga fitur yang tidak kalah dengan antvirus yang sudah populer sebelumnya. 360 Total Security memiliki fitur seperti  sandbox, antomalware, secure online shipping, dan keamanan real-time yang dapat melindungi privasi, registry, file hasil download, dan sebagainya.

  • Avira Antivirus

Salah satu antivirus terbaik 2016 berikutnya adalah Avira. Avira merupakan perusahaan antivirus yang terus meningkatkan kualitasnya. Saat ini Avira semakin sempurna dan terus berkompetisi dengan perusahaan besar seperti Norton dan Kaspersky. Fitur-fitur antivirus ini cukup mumpuni, ditambah dengan database yang selalu update secara berkala. Ini karena terhubung dengan server cloud milik mereka. Selain itu, Avira juga dibekali dengan tool yang dapat menghapus adware yang mendompleng installer software yang beredar.

  • Outpost Security Suite

Antivirus ini saati ini diakusisi oleh Yandex, yang merupakan salah satu perusahaan internet terbesar Rusia. Dengan antivirus ini Anda dapat mendapatkan benefit yang kemungkinan tidak ditemukan di antiirus lainnya. Fitur yang akan Anda dapatkan adalah real-time protection yang dapat melindungi komputer dari banyak ancaman, baik berupa file, video, foto, dan email.

  • Comodo Internet Security

Antivirus berikutnya adalah Comodo Internet Security. Antivirus ini berasal dari Inggris yang beberapa tahun terakhir cukup populer. Antivirus ini memiliki scanner yang mendalam karena mampu menghapus spyware, rootkit, dan serangan botnet. Dengan fitur-fitur yang bagus layak untuk Anda ertimbangkan.

Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai cara menghilangkan virus dan malware pada komputer. Baca juga artikel mengenai Macam-macam antivirus untuk PC dan laptop.

Loading...