Cara Menghemat Kuota Internet di Android

By Categories : Internet

Kehabisan paket kuota data internet tentu sangat menjengkelkan ketika digunakan saat keperluan penting. Tanpa adanya kuota internet ponsel canggih menjadi barang biasa dan kurang menyenangkan. Pada umumnya orang menggunakan ponsel pintar untuk berbagai hal seperti untuk hiburan, chatting sosial media, serta untuk akses internet tentunya.

Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan yang menyediakan kartu sim GSM atau CDMA yang memberikan penawaran masing-masing untuk kebutuhan internet. Kartu sim tidak hanya digunakan untuk perangkat Android saja melainkan platforms canggih lainnya. Dalam membeli kuota internet Anda sebagai pengguna harus pandai dalam memilih. Sebagai contoh Anda harus memastikan kartu mana yang memiliki koneksi sinyal bagus di daerah Anda tinggal.

Penghematan penggunaan kuota internet dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ini bermanfaat untuk penghematan biaya agar tidak terlalu sering membeli paket data baru. Bagi Anda pengguna platforms Android yang ingin berusaha menghemat paket data internet, silahkan ikuti beberapa cara mengemat kuota internet di bawah ini!

cara mengemat kuota internet

Berikut Beberapa Cara Menghemat Kuota Internet

Memanfaatkan Fitur WiFi Jika Tersedia

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat kuota internet adalah dengan cara memanfaatkan WiFi hotspot jika tersedia. Dengan menggunakan layanan tersebut maka Anda bebas akses internet tanpa takut kuota Anda akan habis. Biasanya tempat-tempat yang menyediakan WiFi gratis diantaranya seperti café, rumah makan, lesehan, dan banyak lagi. WiFi juga bisa Anda lakukan untuk mengunduh file besar seperti update aplikasi.

Mengubah Setelah Video Streaming

Bagi Anda yang menyukai streaming video di Youtube, Anda dapat mengubah resolusi video tersebut. Biasanya video dengan resolusi tinggi akan banyak menghabiskan kuota internet dengan cepat. Oleh sebab itu bagi Anda yang gemar akan streaming video di Youtube sebaiknya lakukan cara tersebut.

Mematikan Koneksi Internet Ketika Tidak Digunakan

Mematikan koneksi internet saat tidak digunakan menjadi salah satu hal yang perlu Anda perhatikan berikutnya. Saat ponsel Android Anda sedang tidak digunakan, alangkah baiknya jika mematikan koneksi untuk sementara. Selain bermanfaat agar kuota tidak cepat habis, mematikan koneksi internet dapat bermanfaat untuk penghematan data.

Mengatur Batas Penggunaan Paket Internet

Mengatur batas penggunaan paket internet bisa Anda gunakan dalam menghemat kuota. Misal saja bila Anda membeli paket kuota internet sebesar 2GB, maka Anda dapat memasang batas penggunaan 500MB terlebih dahulu. Jika sudah ada peringatan data penggunaan sampai 500MB, Anda bisa naikkan menjadi 800MB. Dengan begitu bisa mengetahui penggunaan paket data Anda.

Penggunaan Browser yang Tepat

Untuk akses internet tentunya dibutuhkan sebuah browser yang cepat agar akses internet dapat berjalan lancar. Untuk spesifikasi biasa Anda dapat menggunakan browser seperti Opera Mini. Opera Mini merupakan salah satu aplikasi browser yang memiliki ukuran ringan dan nyaman saat digunakan. Penggunaan browser mempengaruhi juga paket kuota data internet Anda.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai cara menghemat kuota internet di Android yang bisa Anda ketahui.

Loading...