Cara Menghemat Baterai pada iPhone dengan iOS 10

By Categories : Hardware

Apple secara resmi telah meluncurkan sistem operasi mobile versi 10 yang memiliki banyak fitur baru, sehingga lebih dapat memanjakan para penggunanya mulai dari iPhone 5 sampai dengan yang terbaru. Apple sendiri sangat terkenal dengan produknya premium dan berkualitas dengan berbagai macam kelebihan di dalamnya. Perangkat besutan Apple bersaing dengan perangkat Android yang diusung banyak vendor.

Perangkat smartphone iPhone yang menggunakan iOS maupun perangkat smartphone Android sama-sama memiliki kelebihan dengan kecanggihannya. Namun dibalik kecanggihan perangkat saat ini permasalahan baterai cepat habis nampaknya menjadi masalah yang masih menghantui pengguna. Meski begitu terdapat banyak cara untuk membantu mengatasi masalah baterai cepat habis.

cara-menghemat-baterai-pada-iphone

Pada produk Apple terbaru yakni iPhone 7 dan iPhone 7 Plus memang mempunyai daya tahan baterai paling panjang. Lain halnya dnegan produk seri iPhone lama, banyak pengguna yang juga mengeluhkan baterai pada perangkat mereka cepat habis. Pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas mengenai beberapa cara menghemat baterai pada iPhone dengan iOS 10. Nah langsung saja untuk mengetahuinya, silahkan simak pada pembahasannya di bawah ini!

Beberapa Cara Menghemat Baterai pada iPhone dengan iOS 10

Mematikan Raise to Wake

Pada sistem operasi iOS 10 membawa berbagai macam fitur baru keren yang dapat memanjakan penggunanya. Salah satu fitur tersebut adalah Raise to Wake. Fitur tersebut sangat memungkinkan untuk pengguna dalam menyalakan perangkat iPhone mereka secara otomatis ketika diangkat. Dengan begitu tentunya pengguna tanpa perlu menekan tombol apapun. Hal ini akan sangat memudahkan ketika kita ingin melihat notifikasi pada layar atau juga hanya sekedar melihat jam.

Perangkat yang mendukung fitur Raise to Wake ini antara lain iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone 7, dan juga iPhone 7 Plus. Akan tetapi fitur canggih ini akan membuat konsumsi daya baterai menjadi meningkat. Nah untuk Anda yang ingin mencoba menghemat baterai, Anda bisa mematikan fitur ini. Untuk cara mematikan buka Settings – Display and Brightness – Scroll ke arah bawah sampai dengan melihat pilihan Raise to Wake – kemudian geser tombol untuk mematikannya.

Mematikan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Sama seperti pada perangkat Android, para pengguna perangkat Apple juga perlu mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang guna membantu menghemat baterai. Anda perlu mematikan aplikasi yang kiranya kurang penting yang sering berjalan di latar belakang atau juga Background App Referesh. Akan tetapi untuk aplikasi seperti messaging tentunya pengguna perlu mengaktifkan fitur ini.

Semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, maka akan semakin tinggi pula konsumsi daya baterai yang dibutuhkan. Adapun cara untuk menonaktifkannya seperti masuk ke Settings – General – Background App Refresh dan kemudian pilihlah aplikasi yang kiranya kurang penting untuk Anda.

Mematikan Notifikasi Kunci Layar

Cara menghemat baterai iPhone selanjutnya adalah dengan mematikan notifikasi kunci layar. Apliaksi yang berjalan pada sistem operasi iOS 10 secara default, memang akan menampilkan notifikasi pada layar kunci. Hal ini membuat perangkat iPhone Anda menyala supaya Anda dapat mudah melihatnya. Perlu Anda ketahui bahwa semakin sedikit aplikasi diizinkan maka dapat membantu mengurangi waktu layar aktif.

Dengan begitu akan membuat daya tahan baterai Anda menjadi lebih lama. Apple sendiri telah menyediakan pengaturan guna menyesuaikan notifikasi yang tampil pada layar kunci. Untuk caranya buka Settings – Notification – dan kemudian pilihlah aplikasi serta mematikannya dengan pilihan Show on Lock Screen.

Mengaktifkan Modus Low Power

Untuk modus yang satu ini tentunya akan sangat membantu dalam menghemat baterai Anda. Fitur ini sudah ada pada iOS 9. Modus Low Power membantu dalam menonaktifkan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang, membantu mengurangi tingkat kecerahan layar, dan banyak lagi. Di samping itu kinerja dari prosesor akan ditekan juga supaya konsumsi baterai menjadi lebih sedikit.

Sebagai contoh ketika Anda sedang bepergian dalam waktu cukup lama, pastikan Anda mengaktifkan fitur Modus Low Power ini pada perangkat Anda. Namun untuk penggunaan sehari-hari kiranya tak perlu mengaktifkan modus ini, karena akan menghambar kinerja dari ponsel. Nah untuk pengaturannya Anda bisa masuk ke Settings – Battery – Dan nyalakan Modus Low Power.

Mengelola Setelan GPS

Cara berikutnya adalah dengan mengelola setelan GPS yang perlu Anda lakukan. Untuk yang satu ini perlu Anda pahami bukan berarti Anda mematikan fitur penting yang satu ini. Akan tetapi Anda perlu mengelola aplikasi apa saja yang dibolehkan menggunakan layanan fitur lokasi ini. Fitur yang satu ini memang dapat membantu perangkat Anda menjadi lebih pintar. Akan tetapi apabila terdapat banyak aplikasi yang Anda izinkan tentunya akan membutuhkan kapasitas daya baterai yang lebih besar.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai cara menghemat baterai iPhone dengan iOS 10 yang bisa Anda coba terapkan.

Loading...