Cara Menghemat Baterai iPhone agar Lebih Awet

By Categories : iPhone

Seperti yang kita ketahui jika saat ini banyak fitur smartphone yang membantu aktivitas kita sehari-hari. Misalnya untuk berbelanja online, membaca berita, dan fitur hiburan lain yang tak kalah bagusnya. Salah satu smartphone yang memiliki banyak fitur menarik adalah iPhone.  iPhone dikenal dengan smartphone premium dengan kualitas baik. Terdapat banyak aplikasi dan game menyenangkan yang dapat dimainkan. Namun, masalah yang sering timbul adalah baterai mudah habis.

Cara Menghemat Baterai iPhone

Ketahanan daya baterai memang sering menjadi masalah oleh pengguna smartphone. Isu tentang ketahanan daya baterai iPhone memang sudah beberapa kali muncul. Namun mereka cenderung mengabaikan dan seolah-olah hal tersebut bukanlah masalah. Padahal jika dibiarkan hal tersebut akan mengganggu aktivitas Anda saat menggunakan iPhone. Untuk itu Anda harus mengetahui beberapa cara menghemat baterai iPhone Anda.

Berikut cara menghemat baterai iPhone

  1. Deteksi aplikasi yang boros daya

Bagi pengguna iPhone, terutama yang menggunakan iOS 9, Apple telah menghadirkan fitur baru yang terdapat pada “Baterry Usage”. Fitur baru ini mampu mendeteksi berapa lama pesentasi daya yang telah dihabiskan aplikasi yang terinstal pada iPhone yang Anda gunakan.

Caranya cukup mudah, Anda dapat masuk ke Setting > Baterry dan tap ikon yang bergambar jam pada sisi kanan untuk mengetahu aplikasi yang boros menggunakan daya baterai. Jika Anda merasa aplikasi tidak bergitu penting maka Anda dapat meng-uninstall.

  1. Aktifkan Low Power Mode

Cara menghemat baterai iPhone selanjutnya adalah dengan mengaktifkan Low Power Mode. Fitur ini dapat ditemukan pada pemaruan iOS 9. Saat diaktifkan, maka akan ada beberapa fitur yang bisa dimatikan atau dikurangi. Diantaranya adalah penerimaan email, upload otomatis, dan visual effect.

  1. Matikan GPS dan Bluetooth

Seringkali orang melupakan jika penggunaan GPS dan Bluetooth merupakan fitur yang paling banyak menguras daya baterai pada iPhone yang Anda gunakan. Untuk itu, gunakan fitur-fitur tersebut pada waktu-waktu tertentu saja.

  1. Reduce motion

Sejak rilis pada iOS 7, pihak Apple telah memperkenalkan parallax effect yang dapat digunakan untuk memiringkan perangkat Anda. Dengan begitu Anda dapat melihat sensasi ke dalaman wallpaper yang digunakan. Namun perlu Anda ketahui adalah fitur ini mampu menguras daya baterai lebih banyak. Untuk itu, cara menghemat baterai iPhone selanjutnya adalah mematikan animasi Reduce Motion. Caranya adalah masuk ke menu Setting > General > Accessibility > Reduce Motion.

  1. Kurangi background App Refresh

Ini merupakan fitur yang memungkinkan aplikasi untuk melakukan refresh konten, walaupun Anda tidak menggunakan apalikasi tersebut. Sehingga saat menjalankan aplikasi tersebut, Anda akan disajikan dengan konten yang diperbarui. Aplikasi ini cukup menguras baterai Anda. Untuk itu Anda disarankan untuk mengubah pengaturan di menu Setting > General > Background App Refresh.

  1. Aktifkan Airplane Mode

Ketika Anda bepergian ke daerah yang tidak terjangkau sinyal maka Anda disarankan untuk mengaktifkan mode airplane. Hal ini karena biasanya baterai akan cepat boros ketika harus mencari sinyal di daerah yang sulit seperti hutan, pegunungan, dan lainnya.

  1. Kurangi kecerahan layar

Semakin terang layar pada iPhone maka daya yang dibutuhkan juga semakin besar. Untuk itu Anda cukup megurangi brightness antara 30% -40% agar performa baterai akan meningkat. Caranya adalah masuk menu setting kemudian pilih wallpaper and brightness. Pada screen brightness swipe ke atas atau ke bawah hingga mencapai presentasi yang diinginkan.

  1. Aktifkan autolock

Fitur ini berfungsi untuk mengunci serta meredupkan layar ketika iPhone tidak disentuh dalam waktu tertentu. Selain dapat menghemat baterai, fitur ini juga berfungsi untuk menghindari lipa menekan tombol lock. Untuk mengaktifkan fitur ini Anda dapat masuk ke menu setting kemudian general dan pilih autolock. Anda dapat mengaturnya pada jangka waktu 1 menit.

  1. Tutup aplikasi yang sudah digunakan

Setelah menggunakan aplikasi sebaiknya Anda langsung menutupnya. Hal ini karena beberapa produk iPhone walaupun Anda telah menekan tombol home pada aplikasi, sebenarnya aplikasi tersebut belum benar-benar tertutup. Untuk itu Anda dapat menekan tombol home dua kali untuk masuk ke App Switcher, kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda tutup.

  1. Gunakan wallpaper yang statis

Pengguna iPhone juga dapat menggunakan wallpaper yang dinamis yang mampu memanjakan mata. Namun perlu Anda ketahui jika penggunaan fitur ini juga akan membuat daya baterai Anda cepat habis. Jika Anda ingin menghemat baterai iPhone, maka ada baiknya Anda merubah wallpaper Anda ke image static. Caranya adalah masuk ke menu setting kemudian wallpaper and brightness dan pilih chose wallpaper. Anda dapat memilih wallpaper statis pada opsi “still photo wallpapers”. Di situ Anda dapat memilih berbagai macam wallpaper sesuai selera Anda.

  1. Lebih banyak menggunakan Wifi

Jika Anda berada di tempat yang memliki fasilitas Wifi maka Anda disarankan untuk mematikan paket data Anda. Hal ini karena jika paket data aktif maka daya baterai akan cepat habis.

Loading...