Cara Menghapus Virus Trojan

By Categories : Software

Virus Trojan merupakan bagian dari malicious software yang memiliki fungsi dan tidak diketahui tujuannya, namun secara garis besar dapat merusak sistem komputer. Jenis Virus komputer ini memang tidak dapat membawa pengaruh secara langsung, namun virus ini memiliki potensi bahaya yang lebih besar. Virus ini biasanya disisipkan tanpa sepengetahuan pemilik komputer, program yang sudah disispkan tersebut dapat dikendalikan dari jarak jauh.

Cara Menghapus Virus Trojan

Jika sebuah komputer telah terinfeksi virus Trojan dan dapat dikendalikan oleh penyerangnya maka ada beberapa kemungkinan yang dapat terjadi. Misalnya virus Trojan tersebut adalah NetBus maka pengendali mampu mengambil dan mengirim file, menjalankan beberapa program aplikasi, mengintip program yang dijalankan, melihat ada yang seadng diketik, membuka CR-ROM drive, mengirim pesan dan mematikam komputer. Karena terlalu berbahaya, banyak orang yang mencari cara menghapus virus Trojan. Jika dibiarkan maka informasi Anda yang disimpan di dalam komputer akan rawan dicuri.

Berikut cara menghapus Virus Trojan

Seperti yang sudah dijelaskan, virus ini dapat memodifikasi file start up, mengubah baris pada sistem registry dan melakukan overwrite yang meyakinkan pada saat komputer melakukan booting. Untuk itu perlu kesabaran dan pemahaman karena membutuhkan waktu yang cukup lama. Langkah sederhana yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Task List

Cara menghapus virus Trojan yang pertama yaitu dengan mendeteksi dengan meliha daftar program yang berjala. Misalnya dalam Wndows terdapat pada task manager. Selain mengetahui program yang berjalan, Anda juga dapat mengentikan program yang menurut Anda mencurigakan. Nemun perlu Anda kerahui juga bahwa terdapat beberapa virus Trojan yang mampu menyembunyikan diri dari task manager.

  1. Netstat

Seperti yang kita ketahui jika virus Trojan membutuhkan komunikasi. Ini juga merupakan klemehan dari virus Trojan, karena dengan begitu virus ini akan meninggalkan jejak dan dapat ditelusuri. Dengan perintah Netstat maka dapat membuka koneksi ke dan dari komputer orang lain. Jika preintah tersebut dijalankan maka IP address komputer orang lain akan dapat ditampilkan. Proses selanjutnya adalah Anda menyelidiki lebih lanjut dan menangkapnya. Pada sistem operasi Windows, perintah Netstat dapat dijalankan menggunakan command promt.

  1. TCPView

Cara menghapus virus Trojan selanjutnya adalah dengan TCPView. Ini merupakan suatu Windows free utility dari Sysinternals yang memiliki kemampuan menampilan IP address dan dapat menampilkan program yang digunakan orang lain dalam melakukan koneksi dengan komputer Anda. Dengan informasi yang Anda dapatkan tersebut maka apabila terjadi serangan virus Trojan maka Anda akan segera mengetahuinya.

Langkah lain untuk menghapus virus Trojan adalah dengan instalasi ulang dan menggunakan antivirus khusus Trojan.  Anda dapat menggunakan antivirus Malware bytes anti-malware, antivirus ini merupakan antivirus khusus untuk Trojan paing populer. Cara kerjanya adalah mendeteksi dan menghapus semua virus Trojan pada komputer Anda.

Loading...