Cara Menghapus Virus Shortcut Pada Komputer

By Categories : Internet

Virus shortcut merupakan virus yang cukup mengganggu pengguna komputer  yang mampu menyebar ke semua bagian harddisk atau media lainnya. Selain itu, virus ini juga mampu menginfeksi flashdisk secara cepat. Sebenarnya untuk menghapus virus shortcut tidak sulit, bahkan jika sudah mengetahui cara kerja virus ini maka dapat dihilangkan dengan mudah. Virus ini bekerja dengan cara menginfeksi komputer Anda kemudian masuk ke file induk dengan nama database.mbd, biasanya terdapat pada folder MyDocuments. Selanjutnya virus akan membuat file autorun.inf di setiap drive dan folder komputer Anda.

Cara menghilangkan virus shortcut

Sebenarnya virus shortcut berbeda dengan virus lainnya, virus ini tidak merusak file pada komputer Anda. Namun file yang terkena virus akan disembunyikan dalam betuk supper hidden. Jadi, seolah-olah file asli akan seperti hilang. Untuk mencegah hal tersebut ada beberapa cara menghapus virus shortcut yang bisa Anda coba.

Berikut cara menghapus virus shortcut

  1. Yang pertama adalah dengan menggunakan antivirus. Antivirus disini berfungsi untuk menghapus file yang terinfeksi oleh virus lain. Dan juga dapat menangkal virus masuk yang berasal dari flashdisk. Sehingga pemilihan antivirus juga penting, dan gunakan yang telah teruji seperti avast atau avira.
  2. Cara menghapus virus shortcut yang kedua adalah dengan melakukan scanning. Anda harus melakukannya menyeluruh, seperti pada drive C, drive D, dan flashdisk yang terinfeksi. Dan yang lebih baik adalah melakukan full scanning. Walaupun cukup lama, tetapi ini mampu mengidentifikasi virus yang ada. Setelah semua teridentifikasi maka Anda dapat menghapusnya.
  3. Selanjutnya adalah hapus file sisa virus shortcut pada flashdisk. Caranya adalah buka flashdisk pada windows explorer, lihat letak drive flashdisk, kemudian masuk drive flashdisk menggunakan command promt.
  4. Jika drive flashdisk merupakan drive F maka ketik F: lalu enter. Setelah itu ketik del *.link s/ d/ dan enter. Jik eror maka Anda cukup ketik del *.link lalu enter.
  5. Setelah tahap ini seharusnya file shortcut telah hilang. Langkah Anda selanjutnya adalah menampilkan file yang disembunyikan dengan merubah attribut menjadi normal pada mode standar.
  6. Tetap menggunakan command promt, ketik drive flashdisk misalnya F: dan enter. Lalu ketik attribut –s –h –r /s /d dan enter.
  7. Tunggu hingga proses perubahan selesai dan jika sudah selesai maka file yang disembunyikan oleh virus shortcut akan muncul dalam mode normal.

Cara menghapus virus shortcut tersebut cukup efektif. Setelah file tampil pada mode normal semua maka Anda harus mengembalikan pengaturan file system pada mode hidden. Hal ini untuk menghindari file hidden yang tidak sengaja terhapus. Karena jika terhapus maka dikhawatirkan akan terjadi system eror.

Loading...