Cara Mengembalikan Data di Flashdisk yang Terhapus

By Categories : Software

Flashdisk menjadi salah satu barang yang sangat berguna untuk menyimpan data yang bersifat sementara. Secara umum flashdisk memiliki ukuran yang tergolong kecil, sehingga dapat mudah dibawa ke mana saja. Bagi mereka pengguna PC tentunya sangat membutuhkan peran flahsdisk untuk berbagai hal seperti menyimpan data sementara yang akan dipindahkan pada harddrive komputer maupun harddisk eksternal.

Saat ini terdapat berbagai macam merk flashdisk yang beredar di pasaran untuk memenuhi pasar konsumen. Dengan kapasitas yang beragam mulai dari 1 GB sampai dengan 16 atau bahkan 32 GB membuat flashdisk sebagai alternatif utama selain harddisk eksternal yang memiliki kapasitas yang lebih besar.

Cara Mengembalikan Data di Flashdisk yang Terhapus

Dengan segala kemudahan yang terdapat pada perangkat elektronik berbentuk mungil tersebut, tak luput dari berbagai permasalahan yang ada. Misal saja permasalaan tersebut seperti flashdisk mengalami kerusakan yang biasanya ditandai dengan tidak bisa dibaca oleh PC atau laptop, flashdisk terinfeksi oleh virus, flashdisk terkena air akibat kelalaian pengguna, dan permasalahan lainnya.

Data terhapus secara tidak sengaja pada saat flashdisk tertancap pada PC atau laptop terkadang membuat kebanyakan orang panik. Pasalnya data yang terhapus pada flashdisk tidak masuk ke dalam recycle bin, sehingga tidak dapat direstore begitu saja. Permasalahan tersebut tak perlu dikhawatirkan asalkan pengguna mengetahui beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan data tersebut.

Nah pada pembahasan kali ini membahas mengenai beberapa cara mengembalikan data di flashdisk yang terhapus secara tidak sengaja. Perlu diketahui juga bahwa cara ini dapat dilakukan pada saat flashdisk masih tertancap pada laptop atau PC, sehingga kemungkinan besar data masih bisa dikembalikan. Lalu bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini!

Berikut Cara Mengembalikan Data di Flashdisk yang Terhapus

Langkah pertama yang Anda lakukan adalah masuk ke dalam “Command Prompt/CMD” yang bisa dilakukan melalui Start – All Program – CMD. (masuk sebagai administrator dengan klik kanan administrator) Setelah masuk ke Command Prompt, langkah berikutnya adalah melihat direktori flashdisk Anda, misal saja E atau G. Misal saja direktori flashdisk Anda dengan nama E, maka Anda ketikkan “E:” (tanpa adanya tanda petik) lalu tekan enter.

Langkah berikutnya setelah masuk ke dalam directori flashdisk maka Anda perlu mengetikkan kode perintah sebagai berikut attrib –s –h *.* /s /d (perhatikan spasinya), kurang spasi dapat dipastikan perintah akan gagal. Setelah mengetikkan perintah tersebut lalu pengguna menekan enter. Cara tersebut sangat memungkinkan untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Baca Juga Cara Mengatasi Fake Serial Number IDM

Jika cara di atas belum bekerja, maka Anda dapat menggunakan kode perintah sebagai berikut attrib –r –a –s –h *.* /s /d /l. Untuk perintah kode lainnya seperi attrib –s –r –h –a E:*.* /s /d (E: merupakan nama direktori flashdisk yang Anda gunakan. Nah itulah tadi beberapa cara mengembalikan data di flashdisk yang terhapus secara tidak sengaja. Untuk cara lainnya, Anda dapat menggunakan aplikasi untuk mengembalikan file yang terhapus.

Loading...