Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka di Android

By Categories : Software

Siapa yang tidak kenal dengan Youtube? Semua pengguna internet tentu mengetahui apa itu Youtube. Youtube merupakan salah satu situs streaming video paling populer di kalangan pengguna internet. Melalui Youtube pengguna dapat melakukan streaming video atau bisa juga mengunduhnya. Untuk mengunduh video melalui perangkat Android dibutuhkan aplikasi untuk download video di Youtube.

Ketika menggunakan di Android, pengguna tak perlu mengunjungi melalui browser melainkan langsung menggunakan aplikasi Youtube. Dengan menggunakan aplikasi, pengguna dapat langsung tanpa mengetik melalui browser. Dengan kemudahan tersebut tak sedikit pula yang pernah mengalami masalah seperti aplikasi tak bisa dibuka.

Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka di Android

Sebagai pengguna Youtube di perangkat Android, mungkin Anda pernah mengalami permasalahan tersebut. Masalah seperti itu pastinya terasa menjengkelkan ketika ingin menonton video favorit di Youtube. Bagi Anda yang sering mengalami masalah tersebut, pada pembahasan ini membahas mengenai beberapa cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di Android.

Berikut Beberapa Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka

Menghapus Cache dan Data di Aplikasi Youtube

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi Youtube tak bisa dibuka di Android adalah dengan menghapus cache dan data. Setelah penggunaan aplikasi cache atau file sampah akan muncul pada perangkat. Cache yang tak pernah dibersihkan akan menimbulkan efek seperti kinerja yang menjadi lemot. Begitu pula pada cache yang terdapat pada aplikasi. Untuk menghapus cache dan data, masuk ke dalam Pengaturan > Aplikasi > Semua Aplikasi > Youtube. Setelah itu pilih tombol hapus cache dan hapus data.

Update Aplikasi Youtube

Cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka berikutnya adalah dengan melakukan update aplikasi. Melakukan update sangat diperlukan oleh pengguna untuk mendapatkan versi aplikasi terbaru. Setiap developer atau pengembang biasanya akan memberikan update versi secara berkala. Dengan mendapatkan update, aplikasi dapat bekerja lebih optimal. Setiap aplikasi memiliki bug atau celah yang harus ditambal. Proses update berguna untuk menyempurnakan serta bisa juga memiliki fitur atau tampilan yang lebih baru.

Memastikan Jaringan Internet

Jaringan internet yang tidak stabil juga dapat menjadi masalah. Jangankan memutar video, melakukan pencarian saja sangat susah ketika jaringan internet tidak stabil. Maka dari itu ketika akan melakukan streaming video, pastikan terlebih dahulu koneksi internet lancar dan stabil.

Membersihkan History Pencarian

Ketika Anda membuka Youtube lalu muncul tulisan “Sayangnya, Youtube Telah Berhenti” maka Anda perlu membersihkan history pencarian. Masalah tersebut dapat disebabkan karena banyaknya history pencarian yang terlalu banyak. Untuk membersihkannya masuk ke aplikasi Youtube > pengaturan > privasi > lalu pilih hapus riwayat penelusuran. Sementara jika tidak ingin history tersimpan maka pilih Anda dapat mencentang atau mengaktifkan “jeda riwayat penelusuran”.

Demikianlah tadi beberapa cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di Android yang bisa Anda coba.

Loading...