Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Play Store

By Categories : Software

Dengan segala kemudahan yang dimiliki pengguna Android tentu pernah mengalami berbagai permasalahan seperti perangkat yang berjalan lambat sampai dengan sering restart sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut terdapat banyak cara untuk mengatasi Android restart sendiri atau juga berjalan lambat. Namun pada kesempatan kali ini membahas mengenai beberapa cara mengatasi tidak bisa download di Playstore.

Playstore merupakan toko resmi Android yang menyediakan banyak aplikasi dengan kategori yang berbeda. Selain itu pihak Google juga terus melakukan pemeriksaan terhadap aplikasi yang akan masuk ke dalam Playstore. Sehingga membuat aplikasi lebih aman dari ancaman virus ataupun malware. Nah bagi Anda yang sering mengalami tak bisa download di Playstore, silahkan coba beberapa cara di bawah ini!

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Play Store

Berikut Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Playstore

Periksa Ketersediaan Ruang Kosong Memori

Cara mengatasi tidak bisa download di Playstore yang pertama adalah dengan memeriksa ketersediaan ruang memori yang terdapat pada perangkat Android Anda. Permasalahan tak bisa download melalui Playstore biasanya disebabkan karena ruang kosong pada internal ponsel sudah penuh. Nah untuk itu bagi perangkat yang memiliki memori internal sudah mulai penuh, ada baiknya jika menghapus file aplikasi yang kiranya kurang digunakan untuk mendownload aplikasi lain yang dibutuhkan. Perlu diingat bahwa space di internal harus lebih besar dibanding aplikasi yang akan diunduh.

Membersihkan Cache Aplikasi Playstore

Untuk cara mengatasi berikutnya adalah dengan membersihkan cache aplikasi Playstore. Untuk caranya silahkan masuk ke dalam “Pengaturan atau Setting” kemudian pilih “Aplikasi”, lalu pilih aplikasi yang terunduh. Setelah itu klik tombol yang terdapat di pojok kanan atas dan yang terakhir adalah dengan memilih “ Clear cache of All Apps”. Dengan begitu maka cache pada aplikasi yang telah diunduh ke Playstore akan bersih kembali.

Periksa Jaringan Data pada Ponsel

Untuk cara yang ketiga adalah dengan memeriksa jaringan data pada ponsel Android yang Anda gunakan. Kualitas jaringan data yang Anda gunakan juga turut menjadi penyebab mengapa tak bisa download di Playstore. Jika kondisi jaringan dalam kondisi tak baik atau lemah, biasanya terdapat pemberitahuan bila tak bisa menghubungkan. Untuk itu coba masuk ke dalam flight mode beberapa saat, setelah itu aktifkan kembali. Dengan begitu koneksi akan me-refresh kembali dengan otomatis.

Restart Ponsel Android

Cara mengatasi tidak bisa download di Playstore berikutnya adalah dengan me-restart ponsel Android yang Anda gunakan. Cara ini bisa digunakan untuk alternatif lainnya jika tak kunjung bisa mengunduh aplikasi atau masuk ke dalam Playstore. Lakukan restart dan coba masuk kembali ketika ponsel hidup kembali.

Bersihkan Cache yang Terdapat di Playstore

Cara yang terakhir pada pembahasan ini adalah dengan membersihkan cache yang terdapat pada aplikasi Playstore. Untuk menghapus cache masuk ke dalam “Pengaturan” kemudian pilh “Aplikasi” setelah muncul banyak aplikasi pilih “Playstore”. Masuk ke dalamnya dan pilih “Hapus Cache”. Setelah proses menghapus cache barulah masuk kembali Playstore untuk mengunduh aplikasi.

Demikianlah tadi pembahasan beberapa cara mengatasi tidak bisa download di Playstore yang dapat Anda coba lakukan. Baca Juga Cara Menghilangkan Virus dan Malware pada Komputer

Loading...