Cara Mengatasi Malware di Android

By Categories : Internet

Malware bukan suatu hal baru bagi para pengguna komputer atau laptop. Namun Anda juga perlu mengetahui perbedaan malware, virus, dan juga worm. Terkadang malware dapat masuk ke dalam komputer kita melalui aplikasi yang kita install. Bukan hanya menyerang PC atau laptop saja, tetapi juga dapat menyerang perangkat mobile.

Hal ini mungkin menjadi pertanyaan bagi Anda, bagaimana malware dapat masuk ke dalam sistem operasi milik Google? Malware dapat masuk ke dalam sistem operasi Anda melalui aplikasi yang di install. Memang jika Anda mengunduh dan juga meng-instal aplikasi dari Google Play Store maka sudah bebas dari malware, dan juga sejenisnya. Ini dikarenakan pihak Google sendiri sudah melakukan pemeriksaan terhadap semua aplikasi yang ada.

Memang untuk mengetahui apakah perangkat Android Anda terinfeksi atau tidak memang gampang-gampang susah. Lalu bagaimana cara mengatasi dan mengetahui ciri-ciri perangkat yang sudah terinfeksi? Simak ulasan di bawah ini!

cara mengatasi malware di android

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi malware di Android, sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana tanda atau ciri infeksi dari malware pada perangkat Anda.

  • Performa perangkat Android cenderung lebih lambat. Jika Anda sudah melakukan pembersihan dengan menggunakan aplikasi pembersih untuk Android, tetapi perangkat Anda masih lemot maka Anda patut curiga. Ini dikarenakan malware akan menguras kinerja dari prosesor dan RAM, karena memiliki banyak aktivitas. Hal tersebut akan membuat perangkat Anda menjadi lamban, apalagi perangkat yang Anda miliki tergolong masih baru. Meskipun sudah di restart namun masih lambat, maka Anda patut untuk curiga.
  • Menguras daya baterai berlebih. Malware dapat bekerja terus di background sepanjang hari, dengan mengakibatkan konsumsi baterai dalam jumlah besar. Dengan begitu daya baterai pada perangkat Android Anda akan cepat habis. Lebih parahnya malware dapat menghabiskan daya baterai dalam waktu yang cepat.
  • Tidak bisa digunakan untuk menelpon. Ketika menelpon tiba-tiba putus karena kualitas sinyal yang jelek merupakan hal yang biasa. Namun jika koneksi tiba-tiba putus, tetapi sinyal dalam kondisi bagus bisa mungkin malware adalah penyebabnya. Yang lebih parah lagi infeksi malware dapat mengakibatkan perangkat tidak bisa digunakan untuk menelpon. Lalu bagaimana cara mengatasinya? SIlahkan simak pembahasan di bawah ini!

Cara Mengatasi Malware di Android

  • Cara paling mudah untuk menghilangkan dan juga mengatasi malware yang membandel adalah dengan cara menginstal antivirus atau juga anti malware pada perangkat Android Anda. Namun Anda harus memastikan terlebih dahulu aplikasi yang akan di install terpercaya atau tidak. Untuk amannya, Anda dapat mengunduh langsung dari Google Plasy Store, yang sudah diperiksa keamanannya oleh pihak Google. Baca juga Spesifikasi Oppo R5
  • Terdapat banyak aplikasi antivirus yang dapat Anda gunakan untuk menghapus atau juga melindungi perangkat Anda dari malware yang membandel. Aplikasi antivirus tersebut diantaranya seperti Avast Mobile Security, AVG Antivirus Security, dan Kaspersky, dan masih banyak lagi.
  • Lakukan proses full scanning untuk melacak keberadaan malware di dalam perangkat, ketika terdeteksi langsung hapus atau juga delete. Yang perlu diingat tetap lakukan update berkala antivirus Anda untuk mendapatkan update database virus, atau malware terbaru, sehingga akan lebih aman.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi malware di Android. Baca juga artikel lainnya Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Loading...