Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri beserta Penyebabnya

By Categories : Hardware

Bagi pengguna komputer tentu pernah merasakan namanya komputer berjalan secara lambat atau bahkan restart sendiri. Permasalahn tersebut tentunya sangat mengganggu, terlebih jika sedang digunakan untuk keperluan penting. Komputer sering restart sendiri biasanya disebabkan oleh berbagai permasalahan yang timbul pada komponen hardware di dalam komputer.

Komputer Restart SendiriSebagai pengguna komputer Anda perlu mengetahui penyebab dan juga cara mengatasi komputer yang sering restart sendiri. Misal saja penyebab komputer dapat restart sendiri seperti RAM kotor. Untuk mengatasinya Anda dapat mudah dengan melepaskan RAM di dalam CPU. Setelah melepaskan RAM, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan penghapus yang digosokkan pada bagian RAM tersebut. Nah untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi komputer sering restart sendiri, silahkan ikuti pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Cara Mengatasi Komputer yang Sering Restart Sendiri

Komputer Sering Restart Akibat Kepanasan Prosesor

Ketika komputer Anda sering restart sendiri bisa jadi akibat dari prosesor yag terlalu panas atau mengalami overheat. Prosesor merupakan komponen hardware di dalam CPU yang memiliki peran penting. Untuk mengatasinya Anda dapat memberikan thermal paste yang mungkin sudah kering dengan paste yang baru. Adapaun fungsi thermal ini adalah sebagai perekat antara bagian prosesor dengan bagian pendingin. Selain cara tersebut Anda dapat menempatkan komputer di tempat yang tidak terlalu panas.

Komputer Sering Restart Akibat Power Supply

Power supply yang bermasalah juga turut menjadi permasalahan kenapa komputer Anda sering restart sendiri. Parahnya jika power supply rusak dapat dipastikan komputer Anda tak bisa dihidupkan. Ini dikarenakan fungsi dari power supply adalah memberikan daya agar dapat dinyalakan. Untuk mengatasinya Anda dapat mengecek secara manual dengan menyentuh bagian power supply langsung setelah penggunaan. Jika terasa panas maka Anda patut untuk curiga. Ganti power supply dengan yang baru agar dapat bekerja dengan normal lagi.

Komputer Restart Akibat dari Bad Sector Harddisk

Bad sector sering terjadi pada harddisk internal pada komputer yang bisa juga menyebabkan komputer mengalami restart sendiri. Bad sector muncul dikarenakan beberapa faktor misal umur dari harddisk yang sudah terlalu lama. Efek yang ditimbulkan selain restart sendiri adalah layar menjadi bluescreen. Untuk mengatasinya Anda dapat mengecek harddisk dengan menggunakan program checkdisk. Jika harddisk sudah bisa digunakan kembali jangan lupa untuk melakukan perawatan dengan cara melakukan defrag secara berkala dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur.

Komputer Restart Sendiri Akibat dari VGA Rusak

Komputer restart sendiri juga dapat disebabkan karena VGA mengalami kerusakan. Kerusakan VGA dapat disebabkan oleh overheat atau menumpuknya debu. Untuk mengatasi VGA yang bermasalah cek VGA di dalam CPU secara berkala dan lakukan pembersihan pada VGA untuk menghindarkan debu menumpuk yang menjadi akibat dari cepat panas yang bisa menyebabkan overheat.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai cara mengatasi komputer restart sendiri beserta penyebabnya. Baca juga artikel mengenai Ciri-ciri RAM bermasalah pada komputer.

Loading...