Cara Mengatasi Komputer Blue Screen

By Categories : Software

Kerja yang terlalu diforsir sering membuat tubuh kita menjadi cepat lelah dan juga dapat menyebabkan kita menjadi sakit. Hal ini juga berlaku bagi komputer yang jika bekerja terlalu banyak akan berpengaruh pada kinerja komputernya. Hal ini dikarenakan terjadinya penumpukan data yang telah kita pakai, yang menyebabkan komputer melakukan restart sendiri dan saat sedang boot ulang tiba-tiba tampilan layar menjadi blue screen. Blue screen atau disebut juga Bluescreen of Death (BSOD). BSOD ini karenakan sistem operasi windows mengalami kesalahan sistem atau yang sering disebut dengan stop error windows. Biasanya juga disebabkan oleh driver hardware tidak bagus, kesalahan penulisan memori RAM, sistem cash dan registrasy windows. Lalu, bagaimana cara mengatasi komputer blue screen? Terjadinya bluescreen memang terasa sangat menjengkelkan karena akan menghambat kerja karena itulah kita perlu solusinya.

asd

Langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk mengatasi blue screen ini adalah kita perlu memastikan apakah menu safe mode tidak mengalami crash. Agar bisa memastika safe mode, pada saat booting awal, tekan F5 terus menenerus hingga menampilkan pilihan safe mood ditampilkan. Akan muncul kotak dialog, ‘apakah perlu untuk mengaktifkan menu system restore?’ yang kita jawab dengan mengklik ‘No’. Restore windows dilakukan denga cara start > all program > accessories > system tools > system tools> system restore.

Selain itu cara mengatasi komputer blue screen juga bisa dilakukan dengan cara mendisablekan driver hardwarenya yaitu pilih tab hardware > device manager mendisablekan driver hardwarenya yaitu dengan menekan windos+pause break bersamaan dengan tampilan properties windows kita. Pilih tab hardware > device manager untuk menampilkan device manager dan non aktifkan driver hardware yang kita pasang sebelum blue screen atau bisa juga mengembalikan driver sebelumnya.

Jika bluescreen terjadi dikarenakan virus/trojan, maka cara mengatasinya dengan melacak virus/trojan tersebut dengan program antivirus portable. Jalankan antivirus portable tapi bukan dari removable storage seperti flashdisk atau hardisk. Scan virus melalui unremovable storage seperti CD dan DVD. Kita juga perlu untuk mengupdate driver hardware karena bluescreen umumnya dikaitkan dengan hardware. Pengaturan BIOS juga perlu dikembalikan ketingkat default.

Biasanya bluescreen ini terjadi karena melakukan salah konfigurasi pada BIOS. Cara mengatasi komputer bluescreen lainnya adalah dengan memastikan semua kabel internal PCI card dan komponennya terpasang dengan benar. Jika dirasa tidak benar, maka cabut semua kabel dan hardware karena ada kemungkinan bluescreen ini disebabkan karena kabel tidak terpasang dengan benar atau longgar. Terakhir lakukan tes diagnostik pada semua hardware yang akan dites. Begitu banyak cara untuk mengatasi masalah bluescreen. Semoga cara ini bisa membantu komputernya anda anda bila mengalami gangguan BSOD yang tentunya mengganggu kerja kita. Baca juga Cara merawat komputer.

Loading...