Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Error

By Categories : Hardware

Keyboard pada laptop merupakan salah satu hardware penting yang berfungsi untuk proses pengetikan pengguna. Ketika keyboard pada laptop bermasalah sangat mempengaruhi penggunaan. Alternatif yang dapat dilakukan oleh pengguna agar pekerjaan atau penggunaan tidak tertunda adalah dengan menggunakan keyboard eksternal yang menggunakan tipe USB atau menggunakan tool Windows OnScreen Keyboard.

Akan tetapi tool tersebut kurang efektif ketika digunakan untuk mengetikkan data dalam jumlah yang banyak. Terdapat berbagai faktor penyebab keyboard eror misal sering terkena percikan air, kondisi keyboard berdebu, kemasukan rontokan makanan ringan, sampai dengan salah pengaturan bahasa. Biasanya laptop eror ditandai dengan beberapa tombol yang berganti ganti sebagai contoh @ menjadi “, # menjadi £, u menjadi angka 4, dan perubahan lainnya.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Error

Lalu bagaimana saja cara mengatasinya ? Nah untuk Anda yang mengalami hal tersebut jangan panik dahulu, coba dengan beberapa cara mengatasi keyboard laptop eror di bawah ini. Langsung saja simak ulasannya!

Berikut Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Eror

Cara Pertama

Cara mengatasi keyboard eror yang pertama adalah dengan melihat pengaturan bahasa melalui “Control Panel”. Hal ini biasanya sering dialami oleh kebanyakan orang setelah melakukan install ulang sistem operasi pada laptop mereka. Salah dalam pemilihan pengaturan bahasa dapat membuat huruf-huruf pada laptop berganti-ganti. Biasanya untuk proses instalasi pengaturan bahasa akan menggunakan “English(United Kingdom)”. Untuk itu Anda perlu menggantinya menjadi “English(United States)”.

Untuk menggantinya Anda dapat masuk melalui “Control Panel -> Klik View By (terletak di pojok kanan) -> Pilih Large Category -> Klik Language -> Berikutnya Gunakan atau ubah menjadi English(United States). Jika sebelumnya menggunakan bahasa lain ubah menjadi bahasa “English( United States)” dan remove bahasa yang digunakan sebelumnya. Setelah mengganti dengan bahasa tersebut coba ketikkan, maka tombol keyboard akan berfungsi dengan semestinya.

Cara Kedua

Cara mengatasi keyboard laptop eror berikutnya adalah dengan membersihkan keyboard. Untuk membersihkan keyboard Anda dapat menggunakan vaccum cleaner portable yang didesain khusus untuk membersihkan debu yang menempel pada sela-sela tombol keyboard. Debu yang menumpuk terkadang dapat membuat tombol keyboard susah untuk digunakan. Oleh sebab itu ketika menggunakan laptop jauhkan makanan dari laptop untuk menghindari masuknya rontokan makanan ke dalam sela-sela keyboard laptop.

Cara Ketiga

Cara berikutnya adalah dengan mencoba menekan tombol “Fn” bersamaan dengan tombol “ Insert numIK”. Untuk tombol “Fn” pada keyboard laptop terletak di sebelah pojok kiri bawah. Sementara untuk tombol “numIK” terletak di pojok kanan atas. Jika sudah menekan secara bersamaan coba periksa dengan menekan u apakah berubah menjadi angka 4 atau sudah kembali normal. Jika belum coba ulangi sekali lagi. Jika terdapat beberapa tombol tidak berfungsi kemungkinan besar Anda perlu mengganti keyboard baru dengan membawanya ke tempat service center sesuai dengan laptop yang Anda gunakan.

Demikianlah tadi beberapa cara mengatasi keyboard laptop eror yang bisa Anda coba lakukan sebelum membawanya ke tempat service jika terdapat beberapa tombol yang tidak berfungsi. Baca Game Zombie Android Terbaik 2015

Loading...