Cara Mengatasi Android Restart Sendiri

By Categories : Software

Berbagai masalah kerap timbul bagi para pengguna perangkat Android. Setiap permasalahan yang ada memiliki solusi yang berbeda-beda. Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh pengguna Android salah satunya adalah perangkat sering mati atau restart sendiri saat digunakan. Berbagai cara mengatasi Android restart sendiri banyak dicari untuk mengatasi hal tersebut.

Memang terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pengguna untuk mengatasi permasalahan tersebut. Permasalahan tersebut tentunya sangat mengganggu aktivitas penggunaan, terlebih ketika digunakan untuk keperluan penting. Nah bagi Anda yang mencari beberapa cara mengatasi Android restart sendiri. Di bawah ini terdapat beberapa cara yang mungkin bisa membantu dalam menangani masalah tersebut.

Cara Mengatasi Android Restart Sendiri

Berikut Beberapa Cara Mengatasi Android Restart Sendiri

Menghapus Aplikasi yang Kurang Berguna

HP Android yang sering restart sendiri dapat disebabkan karena banyaknya aplikasi yang terinstal di dalam perangkat. Dengan banyaknya aplikasi yang terinstal dapat membuat perangkat menjadi lemot. Untuk mengatasi Android restart sendiri, Anda dapat mencobanya dengan menghapus atau meng-uninstal aplikasi yang kiranya jarang digunakan dengan ukuran yang besar. Baca Juga Fungsi Scroll Pada Mouse

Lakukan Update Aplikasi Melalui Playstore

Cara mengatasi Android restart sendiri berikutnya adalah dengan melakukan update aplikasi langsung melalui Playstore. Proses update yang diberikan dari pihak pengembang memiliki berbagai manfaat untuk pengguna. Setiap pengembang tentunya akan terus menyempurnakan aplikasi mereka jika terdapat bugs di dalamnya. Ponsel Android sering restart sendiri juga bisa dikarenakan aplikasi yang jarang di update. Nah untuk itu coba update aplikasi dengan masuk ke dalam Playstore, lalu pilh My Apps, kemudian pilih perbaharui semua.

Lakukan Wipe Cache Partition

Cara yang ketiga adalah dengan melakukan wipe cache partition. Dengan meng-instal aplikasi, membuka aplikasi, dan menghapus aplikasi dapat meninggalkan banyak cache yang tersimpan pada memory. Hal tersebut juga dapat menyebabkan perangkat Android Anda sering restart sendiri. Untuk mengatasinya Anda dapat melakukan Wipe Cache Partition dengan masuk ke dalam mode recovery.

Untuk masuk ke dalam recovery mode tekan tombol volume up, power, atau home dengan mematikan perangkat terlebih dahulu (setiap merk memiliki cara berbeda untuk masuk ke dalam recovery mode). Setelah masuk ke dalam mode recovery, pilih Wipe Cache Partition. Setelah memilihnya tekan tombol home dan ponsel akan restart setelah sukses dalam melakukan wiped out.

Melakukan Hard Reset

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sering restart sendiri adalah dengan melakukan hard reset. Untuk caranya sama seperti cara di atas dengan masuk ke dalam mode recovery ponsel Android yang Anda gunakan. Setelah itu pilih Wipe Data/ Factory Reset. Setelah memilih dan berhasil barulah reboot system now, dengan begtu maka ponsel akan melakukan reboot dengan otomatis.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai cara mengatasi Android restart sendiri yang dapat Anda ketahui. Perlu diketahui bahwa setiap masuk mode recovery, setiap ponsel memiliki cara masuk yang berbeda. Biasanya menekan tombol volume up, power, dan juga home. Baca Juga Penyebab Bootloop di Android dan Cara Mengatasinya

Loading...