Cara Mengatasi Android Lemot

By Categories : Tekno

Perkembangan teknologi gadget saat ini semakin canggih dan selalu upadate terus-menerus. Bahkan update yang di berikan terbilang cepat. Banyak sekali smartphone murah dan berkualitas yang menawarkan berbagai fitur menarik dan keunggulan masing-masing. Ada pula smartphone high-end dengan harga yang super mahal seperti produk milik Apple dan lainnya.

Melihat banyaknya pengguna gadget memang menguntungkan berbagai vendor karena barang produksinya laku dalam pasaran. Untuk pengguna terbanyak masih di pegang oleh pengguna Android. Sistem Operasi besutan Google tersebut banyak di minati oleh masyarakat, karena harganya yang terjangkau sampai dengan yang mahal.

Lalu pernahkah anda sebagai pengguna Android merasakan gadget anda lemot atau hang? Hal tersebut tentunya sangat menjengkelkan saat ponsel yang kita pakai merespon lambat atau booting yang cukup lama walaupun RAM ponsel kita besar. Biasanya hal tersebut terjadi karena ponsel banyak cache, sehingga anda mau tak mau harus membersihkannya. Buat pengguna Android yang pernah mengalami kejadian tersebut, berikut adalah cara mengatasi Android lemot yang mungkin dapat membantu anda agar ponsel Android anda tak lemot.

Cara Mengatasi Android Lemot

Cara Mengatasi Android Lemot

Menghapus Cache atau File Sampah

Cara mengatasi Android lemot atau lelet yang pertama adalah dengan menghapus cache atau file sampah. Untuk menghapusnya cukup mudah, anda dapat menggunakan aplikasi pembersih cache seperti Clean Master, dan aplikasi lainnya dengan mengunduh di Google Play Store gratis. Cache jika dibiarkan maka akan menumpuk banyak dan hal tersebut dapat membuat gadget Android anda tidak bekerja secara maksimal karena terbebani dengan cache. Sehingga mau tak mau anda harus membersihkannya setelah pemakaian. Baca Juga Laptop Tertipis di Dunia

Jangan Menjalankan Aplikasi Terlalu Banyak dalam Waktu yang Bersama

Mungkin untuk ponsel Android anda kelas high-end tak perlu kawatir, karena pada umumnya ponsel high-end di desain guna untuk multi-tasking. Namun untuk ponsel Android yang biasa lebih baik anda jangan menjalankan aplikasi terlalu banyak dalam waktu bersama. Sebaiknya anda tutup aplikasi lain yang tak anda gunakan, untuk mengurangi beban pada ponsel anda. Dengan membuka aplikasi bersamaan maka RAM ponsel anda penuh dan cepat panas dan mengakibatkan kinerja lemot.

Menggunakan Memori External

Menggunakan memori external untuk solusi anda dalam cara mengatasi Android lemot. Anda dapat membeli memori external dengan kecepatan tinggi, tentunya harganya agak sedikit mahal. Nah dengan adanya memori external, anda juga dapat meng-instal aplikasi pada memori external. Dalam hal ini anda jangan terlalu banyak meng-instalnya, karena dapat membuat kartu memori external rusak akibat kepanasan. Pastikan sesuai dengan kebutuhan anda.

Pastikan Jangan Menggunakan Auto Rotate jika Tidak Membutuhkannya

Fitur screen auto rotate biasanya banyak terdapat pada ponsel Android. Dengan menggunakan fitur ini maka tampilan pada layar secara otomatis dapat bergerak secara horizontal dan vertical sesuai dengan gerakan gadget anda. Namun disarankan sekali agar anda tidak mengaktifkannya, ketika fitur ini tidak anda perlukan. Dengan begitu maka ponsel anda dapat bekerja secara maksimal dan dapat membantu mempercepat kinerja dari perangkat anda.

Jangan Membiarkan SMS Menumpuk

Tumpukan SMS dalam inbox maupun outbox dapat membuat ponsel Android anda lemot. Dengan cara menghapus sms yang menumpuk adalah cara mengatasi Android lemot. Biasanya banyak pengguna Smartphone menganggap remeh dengan membiarkan sms menumpuk sampai banyak, justru hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja perangkat Android anda. Solusinya adalah dengan menghapus secara berkala.

Itulah beberapa cara mengatasi Android lemot yang dapat anda lakukan dengan mudah pada perangkat android anda. Sekian dan semoga bermanfaat untuk anda. Baca Juga Artikel Lainnya Tips Menghemat Baterai pada Android

Loading...