Cara Mengamankan Akun Gmail Dalam 5 Menit

By Categories : Internet

Kebanyakan dari kita tidak begitu memperhatikan keamanan email, salah satunya gmail. Padahal menjaga keamanan gmail adalah hal yang penting. Hal ini untuk mencegah penyalahgunaan akun email kita dalam tindakan yang tidak bertanggung jawab. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai cara mengamankan akun gmail. Cara ini cukup mudah dan simpel hanya membutuhkan beberapa langkah saja.

Cara Mengamankan Akun Gmail

Berikut cara mengamankan akun gmail

  1. Mengenkripsi email

Setiap kali Anda meningkatkan keamanan, enkripsi menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Enkripsi gmail Anda jika Anda merasa ada yang menginginkan data Anda. Jika pada web koneksi menggunakan HTTP maka jika dienkripsi akan menggunakan HTTPS. Hal ini juga didukung oleh Google yang beberapa waktu kemarin mengumumkan bahwa mereka akan menerapkan peringatan pada gmail jika ada pengguna masuk melalui koneksi yang tidak terenkripsi.

Untuk itu Anda disarankan mengenkripsi koneksi dan pesan emal Anda, caranya adalah menggunakan Mailvelope yang merupakan salah satu tool populer. Dengan tool tersebut dapat terintegrasi langsung ke gmail.

  1. Verifikasi dua langkah

Cara mengamankan akun gmail selanjutnya adalah dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah. Cara sederhana ini mampu meningkatkan keamanan akun gmail menjadi dua atau tuga kali lipat. Verifikasi dua langkah ini berarti untuk dapat login, Anda harus melewati dua verifikasi. Verifikasi yang perama menggunakan kata sandi email Anda, dan verifikasi yang kedua adalah kode verifikasi yang dikirim ke ponsel Anda. Sehingga jika Anda orang yang ingin login menggunakan akun Anda maka ia juga harus memiliki telepon Anda untuk mendapatkan kode verifikasi.

  1. Menggunakan Incognito mode

Jika Anda sering mengakses email dengan menggunakan komputer bersama, seperti warnet, kantor, atau perpustakaan maka Anda baru saja membiarkan emal Anda rentan terhadap orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu Anda disarankan menggunakan Incognito Mode atau disebut dengan istila modeus privat. Dengan menggunakan modus privat, semua akses internet yang Anda buka akan hilang setelah menutup jendela privat.

  1. Kata sandi unik

Membobol email menggunakan kata sandi adalah yang paling sering dilakukan orang yang tidak bertanggung jawab. Ini karena banyaknya kata sandi yang mudah ditebak. Untuk itu Anda harus menggunakan kata sandi unik sebagai cara mengamankan akun gmail Anda. Caranya adalah menggunakan kata sandi yang lebih panjang, minimal 8 karakter. Kombinasikan huruf besar dan kecil, serta karakter tambahan. Selain itu, Anda juga disarankan untuk sering mengganti akun email, setidaknya 6 bulan sekali.

  1. Riwayat aktivasi akun

Pada bagian bawah web gmail terdapat teks kecil dengan tulisan “Last Account Activity”, yang akan memberitahu mengenai aktivitas terakhir akun Anda. Klik pada “Detail” dan akan muncul 10 alamat protokol yang terakhir mengekases akaun Anda. Untuk mencegah hal tersebut Anda dapat mengaktifkan preferensi peringatan digunakan Google untuk menentukan kegiatan tertentu sebagai tindakan yang tidak biasa.

Loading...