Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

By Categories : Hardware

Mengisi baterai menjadi kebiasaaan yang dilakukan para pengguna smartphone. Hal ini menjadi rutinitas yang dilakukan setiap hari bagi mereka pengguna smartphone. Permasalahan seperti konsumsi daya boros yang menyebabkan baterai cepat habis yang masih menjadi masalah bagi kebanyakan pengguna smartphone. Menyadari permasalahan tersebut, banyak produsen berlomba-lomba untuk memberikan solusi salah satunya adalah dengan menawarkan kapasitas baterai besar.

Perlu diketahui cara merawat baterai dan cara penggunaan yang benar agar tetap awet. Sering kali kita terburu-buru menggunakannya ketika melakukan pengisian daya dengan harapan baterai cepat penuh. Terdapat beberapa cara mempercepat pengisian beterai smartphone untuk membantu pengisian yang lebih efektif. Hal ini tentu sangat cocok bagi mereka yang sedang terburu-buru menggunakan perangkat smartphone.

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Berikut Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Mengubah ke Mode Penerbangan

Cara mempercepat pengisian baterai smartphone yang pertama adalah dengan mengubah ke mode penerbangan. Jika Anda ingin lebih cepat dalam proses pengisian daya baterai smartphone, Anda dapat mengubahnya menjadi mode penerbangan. Dengan masuk ke dalam mode penerbangan semua koneksi akan dimatikan, dengan begitu perangkat akan lebih hemat serta lebih cepat dalam mengisi baterai. Ini dikarenakan salah satu yang membuat baterai cepat habis adalah koneksi sinyal GPRS.

Menggunakan Adaptor Bawaan

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan adaptor bawaan atau charger asli ponsel yang Anda gunakan. Setiap pembelian ponsel diberikan adaptor yang dikhususkan untuk ponsel tersebut. Dengan Ampere yang sudah disesuaikan membuat pengisian baterai lebih optimal ketimbang menggunakan adaptor yang bukan bawaannya. Selain itu menggunakan adaptor bukan bawaan juga beresiko kerusakan pada baterai yang dapat berakibat fatal seperti ponsel tak mau hidup.

Mengisi Baterai langsung Dari Listrik bukan dari USB Port

Cara mempercepat pengisian baterai smartphone yang ketiga adalah dengan mengisi baterai langsung dengan listrik bukan menggunakan USB Port. Mengisi smartphone dengan menggunakan USB port yang ditancapkan melalui komputer atau laptop membutuhkan waktu yang lama ketimbang dengan stop kontak dengan aliran listrik langsung. Ini dikarenakan port USB 3.0 hanya menghasilkan daya sebesar 0,9 Ampere saja.

Hindari Mengisi Daya di Tempat yang Panas

Proses charging atau pengisian daya baterai akan membuat baterai panas dengan suhu yang meningkat. Untuk memaksimalkan proses pengisian agar lebih cepat sebaiknya hindari tempat dengan suhu panas. Sebaiknya letakkan di atas meja atau benda keras non elektronik lain dengan suhu ruangan yang cukup teduh atau dingin. Dengan begitu smartphone tidak mengalami overheat atau panas berlebih.

Jangan Gunakan ketika Proses Pengisian Daya

Cara yang terakhir adalah dengan menghindari penggunaan ketika sedang melakukan proses charging berlangsung. Untuk cara ini tentunya kebanyakan pengguna sudah mengetahuinya. Selain dapat menyebabkan kerusakan baterai dalam jangka lama, penggunaan ketika proses charging juga menyebabkan baterai tidak kunjung penuh.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai cara mempercepat pengisian baterai smartphone yang bisa Anda lakukan. Saat ini sudah banyak smartphone premium yang dilengkapi dengan teknologi Fast Charging atau pengisian daya cepat yang membutuhkan waktu singkat dengan persentase pengisian daya yang lebih tinggi. Baca Juga Aplikasi Penghemat Baterai di Android

Loading...