Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau Komputer

By Categories : Hardware

Permasalahan utama banyak orang pengguna laptop atau komputer adalah sering mengalami hang atau lemot. Kinerja laptop atau komputer lemot disebabkan oleh beberapa faktor selain itu hardware yang sudah lama juga mempengaruhi kinerja dari laptop atau komputer. Namun semua itu dapat diatasi dengan cara memaksimalkan kinerja laptop atau komputer Anda agar tidak lemot.

Kinerja dari laptop sangat mempengaruhi untuk aktivitas yang dilakukan, misal saja saat mengerjakan pekerjaan laptop atau komputer mengalami hang atau lemot tentunya hal ini akan membuat jengkel para pengguna. Nah permasalahan kali ini membicarakan mengenai bagaimana cara mempercepat kinerja laptop atau komputer Anda? Langsung saja berikut adalah pembahasan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

cara mempercepat kinerja laptop

Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau Komputer

Menggunakan CCleaner

Cara mempercepat kinerja laptop atau komputer yang pertama adalah dengan cara menggunakan aplikasi CCleaner atau pembersih cache lainnya (Baca Juga Aplikasi Pembersih Laptop atau PC). Nah setelah Anda beraktivitas seharian menggunakan komputer atau laptop, sebaiknya Anda menggunakan jenis aplikasi ini. Aplikasi pembersih ini berguna untuk membersihkan file sampah, history di browser serta file-file di perangkat Anda termasuk juga Windows Registry. Anda dapat mengunduh aplikasi pembersih seperti CCleaner, dan lainnya secara gratis di internet.

Meminimalkan Startup

Aplikasi yang tidak penting memang dapat membebani pada laptop atau komputer Anda. Nah hal ini dapat Anda atasi dengan cara meminimalkan startup pada perangkat Anda. Pastikan program atau aplikasi yang tak begitu penting sebaiknya Anda Disable saja, dan tentukan aplikasi yang penting saja yang berjalan pada saat komputer atau laptop sedang menyala.

Defragment pada Harddisk

Mungkin orang awam belum mengetahui apa tujuan dari defrag pada harddisk, lalu apa tujuan dari defrag pada harddisk? Defrag pada harddisk sebenarnya bukan membersihkan atau menghapus file yang ada, melainkan menata ulang berkas-berkas yang ada pada harddisk agar komputer atau laptop Anda dengan mudah membacanya. Sehingga kinerja dari laptop atau komputer Anda dapat meningkat dan maksimal. Untuk proses defragment lakukan secara berkala seperti sebulan sekali atau 2 minggu sekali. Anda dapat menggunakan Disk Defragment (aplikasi defrag bawaan Windows) atau juga menggunakan aplikasi Defrag Harddisk Lainnya.

Menghapus Recent Place

Cara mempercepat kinerja laptop berikutnya adalah dengan cara menghapus Recent Place. Setiap aktivitas membuka folder maka jejak dari pemakaian akan disimpan di sana. Hal tersebut tentunya dapat membuat kinerja dari laptop akan terhambat, karena sama saja membawa beban. Nah caranya cukup sederhana, Anda tinggal membersihkan Recent Place dengan cara klik kanan dan pilih clear recent items list atau menggunakan aplikasi pembersih sampah seperti CCleaner, atau lainnya.

Disk Clean Up pada Harddisk

Saat meng-instal laptop memang belum ada cache, registry, atau cookies. Namun setelah pemakaian berlangsung seperti mengakses internet dengan menggunakan browser dan lainnya semua akan menumpuk pada harddisk laptop atau komputer. Semakin banyak menumpuk di harddisk maka akan membuat kinerja laptop jadi agak terganggu, Cara mengatasinya dengan cara menggunakan aplikasi bawaan seperti Disk Clean Up, untuk memunculkannya klik start – lalu ketik saja Disk Clean-up.

Nah itulah beberapa cara mempercepat kinerja laptop atau komputer Anda, selain cara diatas Anda dapat juga menggunakan antivirus agar komputer atau laptop anda terbebas dari virus. Baca Juga Antivirus Terbaik 2014.

Loading...