Cara Memilih Harddisk Eksternal yang Baik

By Categories : Hardware

Pengguna laptop makin hari semakin meningkat, hal ini dikarenakan banyak kebutuhan yang mengharuskan dengan bantuan laptop. Rata-rata orang memilih laptop, karena praktis untuk dibawa kemana-mana dan mudah untuk digunakan. Kebutuhan dalam menyimpan file semakin besar dan membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar pada harddisk internal.

Saat ini sudah banyak media penyimpanan tambahan yang memungkinkan Anda dapat menyimpannya, seperti harddisk eksternal. Dengan menggunakan harddisk eksternal maka Anda dapat menyimpan data lebih, jika kapasitas pada harddisk internal pada laptop sudah mulai penuh. Namun perlu diingat dalam membeli anda harus memastikan terlebih dahulu harddisk tersebut sesuai dengan kebutuhan. Untuk anda yang ingin membeli harddisk eksternal, alangkah baiknya jika membaca artikel berikut mengenai cara memilih harddisk eksternal yang baik. Langsung saja berikut adalah ulasan yang dapat anda baca .

harddisk eksternal

Cara Memilih Harddisk Eksternal yang Baik

Kapasitas Harddisk

Cara memilih harddisk eksternal yang baik pertama adalah dengan memperhatikan kapasitas harddisk. Pastikan Anda akan membeli harddisk sesuai dengan kebutuhan anda. Seperti misal kebutuhan untuk menyimpan data berupa file, film dengan berbagai kualitas, foto, game-game besar, dan lain sebagainya. Jika kebutuhan Anda seperti itu maka harddisk dengan kapasitas 1TB(1000GB) lebih dari cukup. Namun jika hanya untuk menyimpan file berupa office atau file kecil lainnya anda tidak membutuhkan penyimpanan sebesar itu, cukup dengan 500GB sudah cukup. Baca Juga Cara Mengatasi Android Lemot

Kecepatan Harddisk

Kecepatan pada harddisk terdiri dari berbagai faktor yang mempengaruhi seperti kecepatan rotasi dari sebuah piringan harddisk dan dapat dari port USB. Semakin besar putaran rpm pada harddisk maka semakin bagus performa yang dihasilkan. Contoh saja harddisk dengan 7200 rpm lebih baik daripada harddisk 5400 rpm. Lalu untuk anda pengguna laptop dengan port USB 3.0 maka Anda harus menggunakan harddisk yang sudah menggunakan port USB 3.0. Hal ini dikarenakan USB pot 3.0 mempunyai kecepatan 5 gbps sedangkan untuk USB 2.0 mempunyai kecepatan 450 mbps. Selain itu port harddisk 3.0 dapat digunakan juga pada laptop atau komputer yang menggunakan USB port 2.0.

Cover Harddisk

Cover Harddisk sangat dibutuhkan untuk Anda yang sering bepergian, sehingga membutuhkan keamanan lebih agar perangkat keras seperti harddisk eksternal dapat tahan lama. Anda dapat menggunakan pelindung seperti, Cover Harddisk untuk melindungi harddisk eksternal anda dari kemungkinan terkena air, dan hal lain yang dapat mempengaruhi kinerja dari harddisk.

Fitur pada Harddisk Eksternal

Cara memilih harddisk eksternal yang berikutnya adalah fitur pada harddisk. Untuk anda yang ingin mendapatkan harddisk eksternal dengan fitur backup maka password protection dan berbagai fitur lainyya ditawarkan oleh harddisk eksternal tersebut.

Merk Harddisk Eksternal

Yang satu ini memang sering dilakukan calon pembeli dalam memilih barang, entah itu dalam membeli smartphone, tablet, harddisk, powerbank, dan lain sebagainya. Pastikan anda memilih harddisk dengan merk yang bagus agar kualitas yang diberikan sesuai dengan keinginan anda. Bagi Anda yang ingin membeli harddisk tentukanlah merk yang baik dan sudah terkenal dengan kualitasnya, carilah referensi mengenai merk harddisk yang baik. Misal saja seperti harddisk Toshiba, dan merk bagus lainnya.

Nah itulah pembahasan mengenai cara memilih harddisk eksternal yang baik yang patut Anda perhatikan jika ingin membeli harddisk. Untuk memudahkan, berikut beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan yakni harga. Harga menjadi faktor penting karena harga yang mahal tentu memiliki kualitas yang bagus pula.

Berikut beberapa harddisk eksternal terbaik yang bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Hitachi Touro

Harddisk eksternal ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan merk lain, namun kualitas yang diberikan tidak kalah dengan harddisk pada umumnya. Merk harddisk ini memang sudah terbukti mampu memberikan jaminan mutu. Belum lagi masa garansi yang diberikan cukup panjang, yakni selama 3 tahun. Sehingga akan membuat tenang bagi siapa yang menggunakannya.

Seagate

Merk harddisk terbaik selanjutnya adalah Seagate. Harddisk ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau dan memiliki kualitas yang baik. Selain itu, harddisk Seagate juga memiliki desain yang stylish sehingga cukup mudah untuk dibawa kemana-mana. Banyak pengguna harddisk eksternal percaya jika merk harddisk yang satu ini memiliki kemampuan yang cukup handal, tidak mudah panas, dan mampu bertahan hingga bertahun-tahun. Anda dapat memilih Seagate Expansion yang sudah kompetibel USB 3.0 sehingga tidak mudah panas.

Western Digital (WD)

Harddisk ekternal terbaik berikutnya adalah WD. Western Digital ini memiliki desain dan daya tahan yang sangat bagus. Selain itu Harddisk ini juga memiliki kecepatan yang baik saat mentransfer  data. Anda dapat memilih seri Wedtern Digital Element  yang memiliki desain slim dan stylish dengan kecepatan 3 kali lebih cepat dibandingkan  dengan USB 2.0.

Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel lainnya Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Loading...