Cara Membuat Blog di WordPress, Blog Gratis dan Mudah

By Categories : Internet

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi juga semakin meningkat dengan pesat. Salah satu kemajuan teknologi paling menonjol adalah internet. Bagi para pecinta internet, istilah blogging bukanlah hal yang langka. Blogging sendiri adalah suatu kegiatan yang banyak disukai oleh banyak orang dimana mereka bebas mengapresiasikan pemikiran mereka dalam bentuk tulisan dan lainnya. Media untuk blogging bermacam-macam mulai dari yang berbayar hingga gratis. Salah satu media bloging gratis adalah wordpress, karena itulah banyak orang ingin tahu cara membuat blog di wordpress. WordPress dikatakan memberikan banyak kemudahan seperti fitur menginstal plugin, fitur my coment yang mempermudahkan kita dalam melihat coment terupdate. Template wordpress juga cukup banyak tanpa kita perlu mendonwnloadnya sehingga tampilan blog lebih menarik dan variatif.

Langkah awal dalam membuat wordpress adalah dengan membuka browser dan kunjungi www.id.wordpress.com untuk bahasa inggris atau www.wordpress.com untuk bahasa inggris. Sebenarnya pengaturan bahasa bisa kita atur begitu kita membuka alamat wordpress tersebut. Setelah halaman situs terbuka, akan muncul tampilan awal wordpress. Klik pada tombol ‘start’ ataupun ‘mulai’ sehingga keluar form pendaftaran wordpress. Isi form tersebut pada kolom yang telah disediakan dengan identitas kita yaitu alamat email kita, password atau kata sandi, user name dan juga alamat blog.

Cara Membuat Blog di WordPress,

Dalam cara membuat blog di wordpress, ternyata wordpress tidak hanya menyediakan domain gratis, namun juga domain berbayar. Karena itulah, sebaiknya dalam mengisi form ini perhatikan dengan baik jangan sampai Anda menginginkan blog gratis namun justru memilih domain berbayar. Setelah selesai mengisi form dengan data-data kita, geser ke bawah dan pilih tombol ‘create blog’ ataupun ‘buat blog’. Setelah itu akan muncul halaman verifikasi dan kita diminta untuk mengecek email dan mengklik tautan yang dikirim oleh wordpress.

Setelah verivikasi selesai, saatnya untuk mengatur desain dan halaman wordpress kita. Kita akan diminta mengisi data berupa judul blog, slogan atau kata kunci dan juga setingan bahasa. Setelah selesai kita tinggal memilih ‘langkah selanjutnya ‘ dan atau ‘next step’. Step selanjutnya kita diminta menentukan tema yang kita inginkan. Variasi tema yang disediakan cukup banyak, namun kita harus selektif karena ada juga tema yang berbayar. Tema ini bisa Anda ganti kapanpun jika Anda merasa bosan. Pada halaman customize, kita bisa melewatinya karena kita bisa mengaturnya kapanpun.

Selanjutnya, kalian bisa menghubungkan dengan facebook atau twitter jika Anda inginkan, namun bisa juga melewatinya. Langkah terakhir cara membuat blog di wordpress adalah membuat postingan pertama. Di sana mempunyai banyak pilihan, bisa text, photo, video,quote maupun link yang kita inginkan. Kita bisa melewatinya jika masih belum tau apa yang kita pos. Setelah itu, kita tinggal menekan tombol ‘selesai’ dan blog wordpress kitapun jadi. Bagaimana? Mudah bukan? Sekarang saatnya kita berbagi cerita dengan berbloging ria. Baca juga Cara membuat blog di blogspot.

Loading...