Cara Membersihkan Layar Touch Screen

By Categories : Hardware

Perangkat ponsel pintar saat ini rata-rata sudah menggunakan teknologi touch screen atau disebut dengan layar sentuh. Berbeda dengan beberapa dekade lalu yang masih menggunakan tombol qwerty. Dari anak kecil sampai dengan orang dewasa saat ini tentu sudah pernah yang namanya memiliki atau sekedar menggunakan layar dengan teknologi canggih ini.

Namun seberapa canggih buatan manusia tentu memiliki banyak kekurangan. Layar sentuh atau touch screen memerlukan perawatan agar tetap awet. Permasalahan yang kerap terjadi pada layar sentuh adalah layar cepat kotor, layar berminyak, dan juga eror atau hang yang menyebabkan tidak berfungsi. Oleh sebab itu banyak dari mereka yang memasang pelindung layar agar tetap awet dan terhindar dari kotor. Selain cara tersebut masih banyak cara membersihkan layar touch screen yang baik. Langsung saja silahkan baca ulasan berikut ini!

Cara Membersihkan Layar Touch Screen

Cara Membersihkan Layar Touch Screen

Mematikan Layar Ketika Dibersihkan

Jika Anda ingin melakukan pembersihan menyeluruh pada ponsel, sebaiknya langkah yang pertama dilakukan adalah dengan mematikan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari ponsel hang atau eror karena sedang dalam pembersihan. Selain itu ketika membersihkan perangkat tidak dalam kondisi charging atau pengisian daya.

Menggunakan Kain yang Halus

Dalam membersihkan layar sentuh sebaiknya Anda tidak menggunakan tisu, atau kain sembarangan. Kain yang memiliki permukaan tidak halus tersebut justru dapat membuat layar tergores dan menjadi kusam kecuali bagi perangkat yang sudah dilindungi dengan pelindung antigores semacam gorilla glass atau lainnya. Sebaiknya gunakanlah kain khusus yang memiliki permukaan halus, sehingga akan sangat cocok digunakan untuk membersihkan layar permukaan ponsel Anda. Kain halus yang dapat Anda gunakan kain microfiber yang dapat Anda dapatkan ketika membeli kacamata. Baca Juga Tips Belanja Online Aman

Melapisi dengan Menggunakan Antigores Tambahan

Anda dapat menggunakan antigores tambahan pada ponsel yang Anda miliki. Tak ada salahnya memang jika memberikan pelindungan antigores eksternal untuk jenis layar apa saja yang sudah menggunakan teknologi antigores. Selain dapat melindungi ganda, antigores tambahan juga dapat memiliki fitur anti intip, dan juga filter film sesuai dengan selera. Perlu diingat sebaiknya Anda memasang antigores tambahan di toko agar dapat pas dengan layar ponsel. Biasanya sebelum dipasang antigores tambahan layar ponsel dibersihkan dahulu dengan cairan khusus.

Menggunakan Cairan Pembersih Layar

Anda dapat menggunakan cairan pembersih layar untuk membantu proses membersihkan. Biasanya cairan pembersih layar ponsel layar sentuh dapat Anda beli di toko hp ataupun konter terdekat. Alternatif lain untuk membersihkan jika tidak mempunyai cairan pembersih adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Minyak kayu putih biasanya digunakan untuk membersihkan layar yang kemudian dibersihkan dengan menggunakan kain halus.

Nah itulah pembahasan mengenai Cara Membersihkan Layar Touch Screen. Selain menggunakan cairan seperti minyak kayu putih, Anda juga bisa menggunakan alkohol 70% atau kurang untuk membersihkan layar dari kuman atau kotoran debu yang menumpuk. Baca juga artikel lainnya Cara Merawat Printer Agar Awet

Loading...