Cara Membackup Data Android

By Categories : Software

Di jaman yang semakin canggih dimana teknologi berkembang dengan pesat, perangkat smartphone atau ponsel pintar tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja tetapi juga digunakan untuk berbagai hal dan keperluan. Diantaranya seperti untuk keperluan hiburan, akses internet, menyimpan data-data penting, dan juga untuk keperluan lainnya.

Selain itu para pengguna Android juga memanfaatkannya untuk masalah pekerjaan seperti menyimpan memo penting, menganalisa pasarana, dan juga berdagang melalui situs online atau juga media sosial. Tidak hanya memanfaatkan saja, tetapi para pengguna seharusnya merawat dengan benar agar tidak terjadi kerusakan. Kerusakan bisa saja terjadi pada perangkat smartphone atau tablet. Kerusakan yang tidak terduga tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada software, sehingga mengharuskan kita melakukan custom ROM.

Jika hal tersebut terjadi tentunya akan membuat jengkel kita sebagai pengguna. Oleh sebab itu untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda melakukan backup secara berkala untuk melindungi data penting Anda yang ada pada ponsel Android. Sebagai pengguna Android mungkin Anda belum mengetahui cara backup yang baik dan benar. Terdapat dua cara backup yang benar yaitu dengan cara online dan offline. Langsung saja tidak perlu lama, berikut ini adalah cara membackup data Android.

Cara Membackup Data Android

Cara Membackup Data Android

Cara Melakukan Backup dengan Menggunakan Komputer

Anda dapat membackup atau memindahkan data penting Anda seperti file berupa gambar, audio, dan juga video. File tersebut dapat dipindahkan secara langsung dari internal storage menuju eksternal storage atau juga kartu microSD. Caranya pun sangat mudah tinggal copy paste ke dalam folder yang sudah Anda siapkan. Sedangkan untuk membackup atau memindahkan file dari perangkat Android Anda menuju komputer atau laptop maka Anda dapat menghubungkan dengan menggunakan kabel USB. Setelah menghubungkan dengan kabel USB, kemudian Anda tinggal proses copy file yang ada di memori internal maupun eksternal yang ada di Android menuju folder yang ada di komputer atau laptop. Baca juga Aplikasi untuk Melacak HP Android yang Hilang

Cara Melakukan Backup Data Secara Online

Jika Anda ingin menyimpan data-data yang Anda anggap penting dengan cara online maka Anda dapat menggunakan Google Backup yang sudah terintegrasi langsung dengan akun Google milik Anda di perangkat Android. Selain itu Anda juga dapat menggunakan aplikasi penyimpanan data online di Android. Dengan penyimpanan online maka data yang Anda miliki secara otomatis akan tersimpan. Nah yang perlu diingat biasanya terdapat kapasitas tertentu yang disediakan, dan jika ingin menambah kapasitas maka Anda perlu menambahkan biaya tertentu.

Cara Backup Offline Lainnya

Cara backup offline lainnya dapat Anda lakukan dengan cara memanfaatkan aplikasi tambahan yang dapat digunakan. Terdapat beberapa contoh aplikasi tambahan seperti My Back Up, Mobile Backup II, JS Backup, atau juga My Phone Explorer yang dapat Anda unduh secara grtais di Google Play Store. Anda tinggal memindahkan file backup yang ada di salah satu aplikasi tersebut kemudian bisa dipindahkan juga file backup ke komputer.

Itulah tadi beberapa cara membackup data Android yang dapat Anda gunakan untuk melindungi data penting jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada perangkat Anda.

Loading...